Debut Kevin/Rahmat Tiba, Langsung Turun di 2 Turnamen Beruntun

Debut pasangan racikan baru ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat akan berlangsung di dua turnamen beruntun yang diselenggarakan di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Penantian menunggu duet pasangan senior-junior tersebut akhirnya tiba.

Kombinasi Kevin/Rahmat tak lama lagi bakal segera terlihat pada akhir bulan Agustus 2023 ini.

Kevin/Rahmat terpantau telah didaftarkan pada turnamen debut mereka di ajang Indonesia International Challenge 2023.

Menariknya, debut Kevin/Rahmat akan langsung dimainkan pada dua turnamen beruntun.

Setelah Indonesia International Challenge 2023 (25 Agustus – 3 September), mereka akan langsung kembali berjuang menuju turnamen BWF Tour.

Aksi Kevin/Rahmat akan berlanjut menuju Indonesia Masters 2023 Super 100 yang berlangsung pada 5-10 September 2023.

Menurut rencana, Indonesia Masters 2023 Super 100 tersebut akan digelar di GOR PBSI Pancing Medan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Kevin/Rahmat bahkan berpotensi langsung jadi pasangan unggulan pada dua turnamen tersebut.

 

Nama Kevin/Rahmat sejatinya masih menjadi pasangan yang benar-benar ‘baru’ dalam peta persaingan ganda putra dunia.

Keputusan menurunkan Kevin/Rahmat pada turnamen yang bertaraf di level bawah BWF World Tour tidak lepas dari pertimbangan berbagai hal.

Sebagaimana yang pernah diucapkan Herry Iman Pierngadi selaku Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI, pada beberapa waktu lalu.

“Poin ranking mereka harus dihitung dulu untuk mengetahui posisi dalam ranking dunia,” tutur Herry IP, akhir Juni 2023 lalu, dikutip dari Kompas.id.

“Setelah itu baru bisa memilih turnamen. Jadi, saya belum bisa menentukan mereka akan mulai bertanding di mana.”

“Saat ini, ada yang lebih penting yaitu menyiapkan Rahmat dalam latihan agar bisa mengimbangi Kevin,” lanjut Herry saat itu.

Setelah melalui perhitungan tim pelatih, Kevin/Rahmat berhasil mendaftarkan diri ke dua turnamen tersebut berkat notional point mereka yang dijumlahkan senilai 28.781 poin.

Dengan modal notional point tersebut, Kevin/Rahmat berpeluang jadi unggulan kedua pada Indonesia Masters 2023 Super 100, dan bahkan sebagai unggulan teratas di Indonesia IC 2023.

Terlepas dari itu, penunjukkan duet Kevin dengan Rahmat dilatarbelakangi untuk mengisi kekosongan partner Kevin, yang biasanya diisi Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus Gideon harus kembali naik meja operasi akibat cedera di tumit.

Selama menunggu Marcus sembuh, Herry IP memasangkan Kevin dengan pemain muda yang kemudian terpilihlah nama Rahmat, setelah melalui proses diskusi.

Penunjukkan Rahmat sebagai partner baru Kevin tidak lepas dari faktor psikologis. Kedua pemain sama-sama masuk kategori ganda putra utama di pelatnas PBSI yang sudah sering berinteraksi dan berlatih tanding bersama.

Sedangkan dengan Daniel Edgar, opsi lain yang sempat disodorkan Herry IP kepada Kevin, lebih jarang bertemu dan berinteraksi karena merupakan pemain yang masih di kategori ganda putra pratama (junior).

“Ini yang tidak diketahui banyak orang, faktor psikologis sangat penting diperhatikan saat membentuk pemain ganda,” kata Herry IP.

“Kalau dengan Daniel Edgar, Kevin khawatir Daniel akan terlalu sungkan padanya karena rentang mereka terlalu jauh. Daniel adalah pemain pelatnas pratama,” imbuhnya.

Di sisi lain, Rahmat Hidayat sendiri punya pengalaman jadi partner dadakan seniornya setelah pernah berpasangan dengan Pramudya Kusumawardana saat menunggu Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan pulih dari cedera.

Hasilnya, saat itu debut Pram/Rahmat berbuah manis dengan torehan gelar juara Indonesia International Challenge 2022 dan Indonesia Masters 2022 Super 100.

Daftar Turnamen Debut Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat:

Indonesia International Challenge 2023: 29 Agustus – 3 September 2023

Indonesia Masters 2023 Super 100: 5 – 10 September 2023

(Sumber)