Syamsuar Kembali Duduki Posisi Satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Juli 2023

Nama Gubernur Riau, Syamsuar yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Juli 2023. Predikat ini telah kesekian kalinya diterima Syamsuar untuk menempati urutan pertama dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Syamsuar, tidak heran jika kemudian Riau menjadi salah satu basis suara Partai Golkar setiap kali Pemilu berlangsung. Dengan bertenggernya Syamsuar di peringkat pertama, tentu akan semakin mempertegas kuatnya Partai Golkar di Riau, utamanya jelang Pemilu 2024.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Syamsuar, ia memiliki total 1.106 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan Juli 2023. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Syamsuar adalah sebesar 2,5 juta jangkauan.

Berita mengenai Syamsuar didominasi oleh kehadiran Gubri Syamsuar dalam tajak perdana sumur Migas dan Gas Non Konvensional di Rokan Hulu, Riau. Lalu ada pula imbauan Syamsuar kepada masyarakat Riau agar waspada dalam menghadapi Karhutla. Di kesempatan lain, Syamsuar juga disorot atas imbauannya kepada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) agar menjaga situasi damai jelang Pemilu 2024.

Selanjutnya Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Arinal Djunaidi yang sebelumnya berada di peringkat pertama. Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini untuk periode pemberitaan Juli 2023, memiliki pemberitaan sebanyak 854 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi adalah sebesar 1,2 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas kinerja dan pernyataannya sebagai kepala daerah. Beberapa pemberitaan di antaranya adalah mengenai LHKPN atau jumlah kekayaan Arinal Djunaidi sebagai seorang kepala daerah.

Lalu pemberitaan mengenai rencana pembangunan jalan tol Lampung – Bengkulu yang masuk dalam penyusunan rencana tata ruang dan wilayah Provinsi Lampung 2023 – 2043. Kemudian permintaan Arinal Djunaidi sebagai Gubernur Lampung agar pengembangan hilirisasi komoditas lokal terus dilakukan.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada nama Gubernur Kalsel yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor. Untuk periode bulan Juli 2023 ini, Sahbirin Noor memiliki 766 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh Sahbirin Noor mencapai 931.749 jangkauan.

Pemberitaan mengenai Sahbirin Noor salah satunya terkait dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung rektorat Uniska MAB yang dilakukan olehnya. Kemudian ada pemberitaan tentang sambutan yang dilakukan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor terhadap jamaah haji asal provinsi tersebut.

Posisi keempat diisi oleh Gubernur Bengkulu yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu, Rohidin Mersyah. Untuk periode Juli 2023, Rohidin Mersyah memiliki pemberitaan sebanyak 657 berita. Jangkauan yang ditimbulkan dari pemberitaan mengenai Rohidin Mersyah adalah sebesar 1,9 juta reach.

Posisi kelima diisi oleh nama Walikota Parepare yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. Untuk periode Juli 2023 ini, Taufan Pawe memiliki 360 pemberitaan, baik yang tersebar di media online lokal maupun nasional. Reach yang dimunculkan dari berita mengenai Taufan Pawe adalah sebesar 637.781 jangkauan.

Di urutan keenam ada nama Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta yang juga menjabat sebagai Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Pria yang akrab disapa Bang Zaki ini memiliki berita sebanyak 323 pemberitaan dengan pencapaian reach sebesar 895.800 jangkauan.

Musa Rajekshah, Ketua DPD I Partai Golkar Sumut berada di urutan selanjutnya. Wakil Gubernur Sumut ini memiliki pemberitaan sebanyak 319 berita sepanjang Juli 2023. Capaian reach dari berita mengenai Musa Rajekshah adalah sebesar 1,07 juta jangkauan.

Ketua DPD I Partai Golkar Jabar, Ace Hasan Syadzily menempati posisi delapan untuk kategori pemberitaan terbanyak yang menjadikannya salah satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler di Indonesia. Sepanjang Juli 2023, Ace Hasan Syadzily memiliki 307 berita dan capaian reach atau jangkauan sebanyak 3,1 juta reach.

Posisi sembilan diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Satu-satunya perempuan yang masuk dalam jajaran Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler ini juga menjabat sebagai Bupati Serang, Banten. Sepanjang Juli 2023, ia memiliki pemberitaan sebanyak 272 berita dan capaian reach sebesar 665.137 jangkauan.

Di posisi terakhir, atau urutan kesepuluh ada nama Sarmuji, Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini untuk periode Juli 2023 memiliki 136 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 1,6 juta jangkauan.

Demikian 10 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Juli 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 10 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya, hanya saja posisi tiga besar tampaknya belum ada perubahan yang signifikan.

Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Daftar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Juli 2023 Berdasar Kuantitas Pemberitaan:

Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
Total: 1.106 pemberitaan
Reach: 2,5 juta jangkauan

Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Total: 854 pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan

Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
Total: 766 pemberitaan
Reach: 931.749 jangkauan

Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Total: 657 pemberitaan
Reach: 1,9 juta jangkauan

Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel
Total: 360 pemberitaan
Reach: 637.781 jangkauan

Ahmed Zaki Iskandar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta
Total: 323 pemberitaan
Reach: 895.800 jangkauan

Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
Total: 319 pemberitaan
Reach: 1,07 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jabar
Total: 307 pemberitaan
Reach: 3,1 juta jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Total: 272 pemberitaan
Reach: 665.137 jangkauan

Sarmuji
Ketua DPD I Partai Golkar Jatim
Total: 136 pemberitaan
Reach: 1,6 juta jangkauan {golkarpedia}