Tahu Diri, Marc Marquez Hanya Target Tak Alami Kecelakaan di MotoGP Austria 2023

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, akan membawa pendekatan benar-benar berbeda dari Sirkuit Silverstone ke MotoGP Austria 2023 akhir pekan ini.

Terpukul oleh kecelakaan dan cedera selama delapan balapan pembuka, Marquez kembali dari liburan musim panas berjanji untuk tidak mengesampingkan RC213V yang kesulitan.

“Dalam enam balapan saya mematahkan tiga tulang dan satu ligamen. Pendekatannya sekarang harus berbeda,” kata Marquez dilansir BolaSport.com dari Crash.

Ada hal yang meragukan juara dunia delapan kali itu untuk mengendalikan insting serangannya.

Tetapi ketika pembalap 30 tahun mundur dan mulai melihat ke belakang pada balapan Sprint Sabtu, dia memilih mempelajari rekan setimnya Joan Mir untuk putaran terakhir.

“Pendekatan akhir pekan ini benar-benar berbeda,” ucap Marquez.

“Anda lihat, saya lupa waktu, saya lupa segalanya, dan saya hanya berkendara dengan perasaan saya. Jika saya tidak merasakannya, seperti di balapan sprint, saya tidak memaksakan diri.”

“Dalam sesi pemanasan, perasaannya bagus, jadi saya memacu motor. Tetapi, target saya adalah mencoba melakukan akhir pekan tanpa kecelakaan karena melebihi batas kecepatan Anda,” ujar Marquez.

“Kecelakaan bukan karena mengesampingkan, itu adalah situasi yang tidak menguntungkan. Tetapi, saya tidak mengendarai motor melebihi batas.”

“Jadi menurut saya ini adalah pendekatan yang tepat untuk memulai dan sejak saat itu mencoba membangun untuk masa depan.”

Honda juga kembali ke dasar di bagian depan teknis, melepas sasis Kalex dan kembali ke konfigurasi yang digunakan Marquez dan Mir pada balapan pertama MotoGP 2023 di Portimao.

Sebaliknya, pekerjaan pengembangan dilakukan oleh Takaaki Nakagami (LCR) yang memiliki fairing high-downforce baru yang radikal.

Tidak jelas apakah Marquez danatau Mir juga akan melakukan homologasi desain fairing baru untuk akhir pekan ini di Austria.

Namun, Marquez mengindikasikan pendekatannya secara umum akan sama saat menjalani seri balap di Sirkuit Silverstone, Inggris.

“Saya telah menggunakan waktu di antara balapan untuk terus melatih kebugaran saya. Setiap hari sedikit lebih baik, jadi mari kita lihat apa yang mungkin terjadi di Austria,” ujar pembalap asal Spanyol itu.

“Cuaca di sana bisa sedikit beragam. Jadi, kami harus bekerja dengan baik secara konsisten untuk memanfaatkan akhir pekan sebaik mungkin.”

“Kami tahu bahwa ini akan menjadi akhir pekan kerja keras lainnya untuk mencoba dan meningkatkan serta mengambil langkah untuk masa depan.”

Sementara itu, Marquez pada MotoGP Americas MotoGP Spanyol karena cedera, MotoGP Jerman, dan MotoGP Belanda masih belum mencetak poin pada balapan utama MotoGP musim ini.

Rekan setim barunya, Mir belum mencapai garis finis lagi setelah MotoGP Portugal.

“Kami datang ke Red Bull Ring untuk membangun apa yang kami lakukan di balapan sebelumnya,” kata juara dunia 2020, yang baru menyelesaikan dua grand prix akhir pekan penuh musim ini.

“Balapan tidak berjalan sesuai rencana, tetapi secara keseluruhan dengan akhir pekan kami dapat membuat kemajuan dan kembali merasa nyaman di atas motor,” ujar Mir.

“Ini adalah garis yang perlu kita ikuti lagi dan benar-benar berusaha memaksimalkan waktu yang kami miliki di jalurnya.”

Marquez dan Mir saat ini masing-masing hanya berada di peringkat ke-19 dan ke-25 dalam klasemen sementara MotoGP.(Sumber)