Moral Tinggi Iringi Para Pebulutangkis Indonesia ke Babak Pembuka Kejuaraan Dunia 2023

Gengsi tinggi Kejuaraan Dunia 2023 tak menghalangi semangat para wakil Indonesia untuk menatap pertandingan pertama.

Para pebulu tangkis Indonesia menutup persiapan mereka jelang turnamen mayor yang akan dihelat mulai Senin (21/8/2023) esok di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark.

Latihan di practice hall kawasan komplek Stadion Brondby, Kopenhagen, Minggu (20/8/2023) siang waktu setempat, dijadikan persiapan terakhir sebelum bertanding.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, percaya diri karena melihat semua pemain berada dalam kondisi baik.

“Puji Tuhan, kondisi pemain semua baik dan sehat,” kata Rionny setelah latihan sebagai siaran pers yang diterima dari PBSI.

“Mereka semua telah mempersiapkan diri dengan baik. Selama latihan tiga kali, saya melihat pemain begitu fokus dan sepertinya tidak sabar untuk segera turun bertanding.”

Lima wakil Indonesia akan bertanding pada hari pertama.

Sorotan utama tertuju kepada tunggal putra, Jonatan Christie, yang akan menghadapi laga akbar melawan juara Asia satu kali, Lee Zii Jia dari Malaysia.

Kendati performa Lee Zii Jia tengah menurun hingga keluar dari daftar unggulan, Jonatan tidak boleh lengah karena selalu kalah di tiga pertemuan terakhir yang ketat.

Kepala pelatih tunggal putra, Irwansyah, terus mengasah kemampuan Jonatan bersama anak asuh lainnya yaitu Chico Aura Dwi Wardoyo.

Chico juga akan bertanding pada hari pertama dengan menghadapi pemain Australia, Nathan Thang, pada babak 64 besar.

Irwansyah tak hanya memberi instruksi dari pinggir lapangan. Dia juga terlibat dalam gim 1 lawan 2 dengan bergantian berpasangan dengan Jonatan dan Chico.

“Kapan turun main, saya tentu siap tempur,” ucap Jonatan dengan percaya diri.

“Saya sudah tiga kali berlatih selama di Kopenhagen ini. Persiapan saya untuk tampil di pertandingan pertama juga oke.”

Bekal Jonatan dan Chico lebih komplet karena mereka juga telah menjajal lapangan pertandingan pada Sabtu (19/8/2023).

“Kemarin juga sudah menjajal arena pertandingan dan bisa mengetahui bagaimana arah angin dan laju shuttlecock-nya,” tukas Chico.

“Tinggal mempersiapkan kondisi serta bagaimana cara main di lapangan saja,” imbuh pemain yang tahun ini telah merebut gelar di Taipei Open Super 300.

Pemain Indonesia lain yang akan bertanding duluan adalah Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (ganda putri), dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran).

Putri KW akan menghadapi pemain Ukraina, Polina Buhrova. Sementara itu, Lanny/Ribka akan ditantang wakil Jerman, Stine Kuespert/Emma Moszczynski.

Soal lawan, Dejan/Gloria berpeluang menghadapi perlawanan lebih berat karena bersua pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo.

Kedua pasangan saling mengalahkan dalam dua pertemuan sebelumnya.

Kesempatan berlatih tanding dengan rekan-rekan di pelatnas tak disia-siakan Dejan/Gloria yang notabene pasangan independen dari PB Djarum.

Dejan/Gloria secara bergantian berlatih dua lawan tiga bersama Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

“Persiapan kami sejak dari Jakarta hingga di sini sudah oke. Selama berlatih di Kopenhagen juga lancar dan tidak ada kendala.”

“Tinggal nanti malam saya bakal diskusi sama Gloria dan pelatih untuk menyusun strategi bagaimana untuk menghadapi lawan,” sebut Dejan.

Rangkaian pertandingan babak 64 besar Kejuaraan Dunia 2023 akan berlangsung mulai pukul 09.00 waktu setempat atau 14.00 WIB.(Sumber)