Timnas Indonesia U23 Batal Juara Piala AFF Usai Ditekuk Vietnam 6-5 Lewat Adu Penalti

Timnas U-23 bertemu Vietnam di partai final Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8). Hasilnya, Indonesia kalah via adu penalti.

Shin Tae-yong memilih Ernando Ari, Kadek Arel, Alfeandra Dewangga, Muhammad Ferarri, Robi Darwis, Arkhan Fikri, Rifky Dwi Septian, Beckham Putra, Mohammad Haykal Alhafiz, Muhammad Ragil dan Abdul Rahman sebagai starter.

Sementara, starting XI Vietnam diisi oleh Quan van Chuan, Liong Duy Choun, Nguyen Ngoc Thang, Tran Nam Hai, Nguyen Duc Viet, Dinh Xuan Tien, Khuat Van Khang, Nguyen Quoc Viet, Nguyen Minh Quang, Vo Hoang Minh Khoa dan Pham Dinh Duy.

Pertandingan berjalan cukup berimbang di babak pertama. Indonesia nyaris menutup babak pertama dengan tertinggal usai mendapatkan hukuman penalti. Namun, tembakan penalti Nguyen Quoc Viet pada menit 34 berhasil ditepis kiper.

Di babak kedua, Indonesia tampil lebih menekan. Muhammad Ferarri mendapatkan peluang emas di awal babak kedua saat menerima umpan dalam posisi bebas. Sayang, sundulannya melebar.

Serangan Indonesia juga lebih hidup usai Shin Tae-yong memasukkan Ramadhan Sananta dengan menarik keluar Muhammad Ragil. Kecepatan yang dimiliki Sananta cukup membikin lini belakang Vietnam kerepotan.

Di sisi lain, strategi serangan balik cepat yang dibangun Vietnam juga berjalan efektif. Salah satunya terjadi di menit 69 Nguyen Minh Quang menerima bola di depan gawang Indonesia melalui serangan cepat dari sisi kiri. Tendangan Nguyen Minh Quang melebar tipis dari sasaran.

Kedua tim tetap tak mampu mencetak gol hingga dua kali 45 menit. Pertandingan kemudian berlanjut ke babak tambahan waktu. Di babak ini pun Indonesia dan Vietnam sama-sama tak bisa mencetak gol sehingga dilanjutkan ke adu penalti.

Di babak penalti, Indonesia kalah dengan skor 5-6. Satu penendang Indonesia, yakni Ernando Ari, gagal mengeksekusi penalti dengan baik.

Babak Adu Penalti
Alfeandra Dewangga (Indonesia) – Berhasil
Nguyen Duc Viet (Vietnam) – Berhasil
Arkhan Fikri (Indonesia) – Berhasil
Dinh Xuan Tien (Vietnam) – Berhasil
Frengky Missa (Indonesia) – Berhasil
Nguyen Hoang Le (Vietnam) – Berhasil
Kelly Sroyer (Indonesia) – Berhasil
Nam Hai Tran (Vietnam) – Berhasil
Ramadhan Sananta (Indonesia) – Berhasil
Luong Duy Cuong (Vietnam) – Berhasil
Ernando Ari (Indonesia) – Gagal
Ba Dat Thai (Vietnam) – Berhasil

 

(Sumber)