Aryono Miranat Pimpin Skuad Ganda Putra Indonesia di China Open 2023

China Open 2023 akan menjadi penugasan pertama Aryono Miranat sebagai kepala pelatih ganda putra Indonesia. Sementara itu, Herry Iman Pierngadi belum akan mendampingi ganda campuran di turnamen ini.

Tim bulu tangkis Indonesia telah berangkat menuju Changzhou, China, pada Sabtu (2/9/2023) siang WIB, dalam rangka mengikuti China Open 2023.

Anthony Sinisuka Ginting dkk. bertolak ke Negeri Tirai Bambu dengan menggunakan maskapai China Southern Airlines dari Bandara International Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

China Open 2023 menjadi ajang bergengsi berikutnya yang sangat penting untuk dimanfaatkan para wakil Indonesia di tengah kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Dengan level turnamen Super 1000, ada banyak poin ranking yang bisa diraup para pemain untuk mengejar ketertinggalan dari kesempatan sebelumnya.

Atmosfer baru akan terasa di jajaran pelatih pada China Open 2023.

Aryono Miranat akan mengemban tugas perdananya setelah mendapatkan promosi dari posisi asisten pelatih ganda putra menjadi kepala pelatih ganda putra.

Pelatih asal PB Djarum tersebut menggantikan Herry IP yang dipindah ke sektor ganda campuran untuk mengisi kekosongan kursi kepala pelatih.

Tugas berat menanti Aryono karena nomor andalan Indonesia ini belakangan mengalami performa menurun.

Meski begitu, pelatih asal PB Djarum itu tidak gentar dan menyatakan anak didiknya sangat siap untuk berlaga di turnamen yang sudah absen dalam tiga tahun terakhir tersebut.

Evaluasi dari pencapaian minor di Kejuaraan Dunia 2023 disebut Aryono telah dilakukan sehingga pemain tahu apa yang harus dilakukan.

“Tim ganda putra dalam keadaan sehat dan siap berangkat ke China hari ini,” ujar Aryono dalam siaran pers PBSI.

“Kami melakukan evaluasi dengan coba meningkatkan konsistensi dan kepercayaan diri.”

“Dari latihan lebih banyak ke teknik dari sisi akurasi, ketahanan dan sesi permainan,” imbuhnya memaparkan.

Sementara itu, Herry IP belum akan menjalani debutnya sejak resmi ditunjuk sebagai kepala pelatih ganda campuran per 1 September 2023.

Walau saat Kejuaraan Dunia 2023 sudah terlihat mendampingi para pasangan ganda campuran pelatnas dalam pertandingan, Herry IP tidak ikut berangkat ke China Open 2023.

Untuk sementara ini, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati masih akan didampingi asisten pelatih, Amon Sunaryo.

“Koh Herry belum (mendampingi pemain ganda campuran),” kata Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy, saat dihubungi BolaSport.com.

“Masih Coach Amon,” lanjutnya.

China Open 2023 kali ini bukan hanya terasa istimewa karena akhirnya kembali diselenggarakan sejak terakhir kali bergulir pada 2019.

Ada daya tarik lain yang membuat para pemain top datang karena total hadiah yang mengalami peningkatan secara drastis.

Saat turnamen Super 1000 lain menawarkan hadiah 1,25 juta dolar AS (19 miliar rupiah), panitia penyelenggara China Open 2023 menyiapkan lebih dengan nominal 2 juta dollar AS (Rp 30 miliar).(Sumber)