Ngerinya Skuad Timnas Indonesia U23 Jika Nathan Tjoe-A-On Jadi Dinaturalisasi

Nathan Tjoe-A-On mengaku dihubungi PSSI untuk dinaturalisasi. Nathan yang kini bermain di Swansea City itu digadang-gadang akan memperkuat Timnas Indonesia.

”Mereka [PSSI] baru saja berbicara dengan saya,” kata Nathan Tjoe-A-On melalui pesan singkat kepada kumparan, Senin (4/9).

Kemungkinan besar, Nathan akan memperkuat Timnas U-23 Indonesia. Hal itu karena usianya yang masih 21 tahun.

Jika itu benar terjadi, Timnas U-23 semakin solid khususnya di lini belakang. Sebelumnya, Shin Tae-yong sudah punya Elkan Baggott, Rizky Ridho, hingga Muhammad Ferrari pada posisi bek.

Bicara pengalaman, tiga bek itu sudah cukup kenyang. Terlebih, Rizky Ridho dan Baggott acap bermain di level Timnas Senior.

Kini, tinggal Shin Tae-yong memilih pemain sesuai kebutuhan formasinya. Bila menggunakan tiga bek; trio Rizky, Baggott, dan Nathan patut dicoba karena ketiganya punya kekuatan untuk antisipasi bola-bola udara dengan postur tinggi menjulang.

Elkan Baggott memiliki tinggi mencapai 1,94 meter. Sementara, menurut Sofascore Nathan memiliki tinggi mencapai 191 sentimeter.

Tak cuma masalah tinggi badan, Nathan juga piawai dalam membaca permainan. Bersama Excelsior musim lalu, Nathan mencatatkan rata-rata intersep 1,8 per laganya. Tekel yang dilakukan pemain berusia 21 tahun itu juga mencapai 2,1 per pertandingannya.

Jika Shin berniat main dengan empat bek, Nathan juga bisa main di posisi bek sayap kiri. Kehadirannya menambah kompetisi untuk Pratama Arhan yang sudah karib dengan posisi tersebut.

Hadirnya Nathan juga menyempurnakan skuad Timnas Indonesia. Sebelumnya, Timnas sudah punya Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan di tengah.

Pengalaman keduanya yang pernah mentas di level eropa bisa ditularkan ke rekan-rekannya. Belum lagi ada Beckham Putra, Dzaky Asraf, dan Alfreanda Dewangga yang bisa jadi pelapis.

Untuk komposisi lini depan, Timnas juga cukup kaya. Ramadhan Sananta yang sedang naik daun bisa mengisi pos penyerang tengah. Kekuatan fisiknya ditambah dengan ketenangannya menyelesaikan peluang bisa menambah garang lini depan.

Lalu, Rafael Struick, Witan Sulaeman, hingga Fajar Fathur Rahman bisa menjadi opsi di lini serang. Kini, tinggal Shin Tae-yong meramu komposisi skuad yang ada.(Sumber)