Eks Vokalis Smash Mouth, Steve Harwell Meninggal Karena Gagal Hati

Steve Harwell, mantan vokalis band pop-rock Amerika Smash Mouth, meninggal dunia pada usia 56.

Kabar duka tersebut diumumkan oleh manajernya Robert Hayes, dalam sebuah pernyataan kepada Rolling Stone bahwa “Steve Harwell meninggal dengan damai dan nyaman dengan keluarga dan teman- teman di sisinya.”

Hayes tidak merinci penyebab kematian Harwell, tapi ia mengatakan bahwa penyanyi itu mengidap gagal hati.

Harwell telah menghadapi banyak masalah kesehatan lainnya dalam beberapa tahun terakhir, sejak diagnosis penyakit jantung kardiomiopati pada tahun 2013 dan gangguan neurologis, ensefalopati Wernicke akut, yang memengaruhi kemampuan bicara dan ingatannya. Selain itu, ia juga mengalami kecanduan alkohol.

Profil Steve Harwell

Melansir dari Imdb, Selasa (5/9/2023), Steven Scott Harwell atau lebih dikenal Steve Harwell lahir pada 9 Januari 1967, di Santa Clara, California, AS.

Ia memiliki seorang putra bernama Presley Scott Harwell dari pernikahan dengan mantan istrinya, Michelle Laroque. Namun Presley meninggal pada Juli 2001 karena leukemia limfositik akut.

Pada tahun 1994, Harwell membentuk band rock bernama Smash Mouth dan merilis album pertama mereka Fush Yu Mang dengan lagu “Walkin on the Sun” yang menjadi hit besar seiring dengan lagu remake “Why Can’t We Be Friends?” oleh grup War.

Kemudian pada tahun 1999, Steve Harwell merilis album berjudul Astro Lounge dengan lagu “All Star” dan “Then the Morning Comes” yang menjadi hit di chart Billboards.


Perjalanan karier Steve Harwell

Pada tahun 2001 Steve Harwell muncul dalam film komedi Amerika “Rat Race” sebagai tamu cameo. Belakangan tahun itu, album berjudul “Smash Mouth” dirilis dengan lagu remake “I’m a Believer” oleh Monkees tetapi ditunda karena putra Steve Harwell, Presley Scott Harwell meninggal.

Selain itu, ia juga merilis lagu “Getting Better” untuk film “The Cat in the Hat” tahun 2003.

Ia juga merilis lagu kredit “I wanna be like you” untuk film Disney tahun 2003 “The Jungle Book 2.” Sementara di tahun 2013, ia menyusun 2 lagu “Beside Myself” dan “Everything Just Crazy” untuk film kartun Korea Selatan “Pororo, the Racing Adventure.

Pada tahun 2016 selama tur konser live di Stage, Steve Harwell pingsan di atas panggung dan dilarikan ke rumah sakit. Ia kemudian pulih dan melanjutkan tur musik rocknya hingga tahun 2023.

Salah satu konser terakhirnya di atas panggung adalah di konser Orem Utah Scera Shell pada 27 Mei 2023.


Mengenal Gagal Hati Akut yang Renggut Nyawa Steve Harwell

Steve Harwell juga dilaporkan menderita gagal hati setelah berjuang seumur hidup melawan penyalahgunaan dan kecanduan alkohol.

Menurut DailyMail, gagal hati atau hilangnya fungsi hati, jarang terjadi dan membunuh sekitar 50.000 orang dewasa di Amerika setiap tahunnya. Diperkirakan 5,5 juta orang diperkirakan menderita sirosis, atau jaringan parut parah pada hati yang sering kali disebabkan oleh alkoholisme, yang dapat menyebabkan gagal hati.

Hati atau liver adalah organ penting dalam tubuh yang bertanggung jawab atas segudang fungsi yang mendukung metabolisme, kekebalan, pencernaan, detoksifikasi, dan penyimpanan vitamin.

Itu juga membuat protein untuk membantu pembekuan darah dan membawa oksigen dan memproduksi empedu untuk pencernaan.

Apa itu gagal hati?

Sementara gagal hati adalah ketika organ vital tersebut tidak mampu lagi menjalankan fungsi kritisnya. Penyakit ini didiagnosis melalui tes darah, yang dapat mengetahui apakah organ tersebut berfungsi dengan baik.

Rumah Sakit Anak Nasional di Ohio, menggambarkan kondisi tersebut sebagai ketika organ liver ‘menjadi sangat sakit dan rusak sehingga berhenti bekerja’. Ada dua jenis gagal hati: akut dan kronis.

Gagal hati akut terjadi ketika organ dengan cepat kehilangan kemampuannya untuk berfungsi, biasanya dalam jangka waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Di sisi lain, gagal hati kronis adalah ketika organ kehilangan kemampuannya untuk berfungsi selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun karena kerusakan yang semakin parah seiring berjalannya waktu.

Kedua kondisi tersebut dapat disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol, yang merusak organ dan menyebabkan sel-sel sehat digantikan dengan jaringan parut sehingga mengganggu fungsinya.

Penyakit ini juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan, infeksi virus, dan penyakit autoimun.

Penyakit hati kronis lebih umum terjadi dibandingkan penyakit hati akut dan merupakan penyebab kematian terbesar kesembilan di AS pada tahun 2020, setelah 56.000 kematian.

Namun, penyakit hati akut jarang terjadi, dengan sekitar 2.000 orang didiagnosis mengidap penyakit ini setiap tahunnya.

Gejala gagal hati seperti yang dialami Steve Harwell termasuk sakit perut, penyakit kuning, dan kelelahan parah. Pasien mungkin juga memiliki urin berwarna gelap dan feses berwarna tanah liat.(Sumber)