Cedera Parah di Catalunya, Enea Bastianini Baru Bisa Comeback di MotoGP Mandalika 2023

TIM Ducati Lenovo mengalami kesialan saat tampil di MotoGP Catalunya 2023 karena dua pembalap mereka, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini mengalami kecelakaan parah.

Namun, Bastianini mengalami cedera lebih parah karena ada patah tulang di tangan kirinya kala terjatuh di tikungan pertama pada awal balapan di Sirkuit Catalunya, pada Minggu 3 September 2023.

Ya, cedera Bastianini lebih parah ketimbang Bagnaia. Bastianini sendiri mengalami kecelakaan bersama rider lainnya yang ikut tersungkur dan memaksa steward mengibarkan bendera merah. Sementara Pecco -julukan Bagnaia- mengalami kecelakaan tunggal di tikungan 2.

Bastianini menjalani operasi di pergelangan kaki kirinya dan patah tangan kiri pada awal pekan ini menurut laporan Crash. Ducati pun menyatakan Bastianini tidak bisa melanjutkan balapan di seri terdekat, MotoGP San Marino 2023.

Dia juga terpaksa absen hingga dua seri kedepan yakni pada MotoGP India dan Jepang. Diperkirakan rider asal Italia itu baru akan comeback di MotoGP Mandalika 2023.

“Bastianini menjalani operasi pada pergelangan kaki kirinya dan patah tangan kirinya pada kecelakaan kemarin di GP Catalan,” bunyi keterangan Ducati, dipetik dari Crash, Selasa (5/9/2023).

“Kedua operasi yang dilakukan oleh Prof Catani dan Tarallo di Poliklinik Modena berhasil diselesaikan, dan Enea akan segera memulai pemulihan pasca operasi,” lanjut keterangan tersebut.

Pembalap Tim Ducati Lenovo harus melewatkan GP kandang berikutnya di Misano dan dua balapan yang dijadwalkan pada akhir bulan di India dan Jepang,” imbuh Ducati.

Namun sejauh ini belum dapat dipastikan apakah Bastianini bakal bisa langsung mengaspal di Indonesia. Hal ini tentu mengacu pada keputusan dokter kedepannya

Adapun MotoGP Mandalika 2023 sendiri baru akan digelar pada Oktober mendatang. Sirkuit Mandalika kembali akan menjamu seri balap motor paling bergengsi di dunia.

Enea Bastianini

(Sumber).