Miris! Soniia Cheah, Pebulutangkis Super Cantik Yang Dipecat PBSI-nya Malaysia

KISAH miris Soniia Cheah, pebulutangkis supercantik yang dipecat atau didegradasi PBSI-nya Malaysia (BAM) akan diulas di sini. Pencinta bulutangkis, mungkin lebih mengenal pebulutangkis Malaysia seperti Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Lee Zii Jia, Goh Jin Wei dan lain sebagainya.

Namun, sebagian orang lupa kalau Malaysia juga pernah memiliki pebulutangkis bertalenta bernama Soniia Cheah. Ia adalah pebulutangkis tunggal putri yang dikenal memiliki paras cantik.

Soniia Cheah

(Soniia dikenal memiliki paras yang cantik)

Selain parasnya yang cantik, Soniia Cheah juga memiliki skill yang sangat mumpuni. Soniia Cheah dikenal memiliki pukulan smash dan juga skill netting yang memukau.

Soniia Cheah Su Ya lahir di Kuala Lumpur, Malaysia pada 19 Juni 1993. Ia terjun ke dunia bulutangkis untuk mengikuti jejak kakaknya, yakni Lydia Cheah Li Ya.

Soniia Cheah memulai debutnya di usia 16 tahun. Di umur yang masih begitu muda, Soniia Cheah dengan luar biasa meraih gelar juara di ajang Asian Junior Championship 2009 dan meraih medali perak BWF World Junior Championships 2009.

Di tahun berikutnya, Soniia Cheah kembali meraih prestasi dengan mendapat medali perak di ajang Asian Junior Championship 2010 serta satu medali perunggu di kejuaraan BWF World Junior Championships 2010.

Setahun berselang, karier Soniia Cheah semakin melejit. Ia sukses menggondol setidaknya 5 gelar dalam setahun. Sebut saja juara mixed team BWF World Junior Championshipships, medali perunggu SEA Games 2011, runner-up Asian Junior Championship 2011, dan 2 medali perak di Commonwealth Games 2011.

Singkat cerita, Soniia Cheah terus berkembang menjadi salah satu monster di sektor tunggal putri. Ia berhasil menembus partai puncak SEA Games 2017 sebelum dikalahkan rekan senegaranya sendiri.

Tidak hanya itu, ia juga membawa Malaysia finis di peringkat ketiga Commonwealth Games 2018. Sayangnya, ajang ini menjadi awal petaka karier Soniia Cheah.

Setelah ajang Commonwealth 2018, Soniia Cheah mengalami penurunan karier yang sangat drastis. Penurunan ini membuatnya harus dikeluarkan Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) dari Pelatnas pada 2021.

Soniia Cheah

(Soniia Cheah sudah pensiun dari dunia bulu tangkis profesional)

Hingga tahun 2022, Soniia Cheah tidak kunjung membaik dan performanya terus menurun karena cedera panjang. Alhasil pada akhir 2022, Soniia Cheah memutuskan pensiun dari status pebulu tangkis profesional.(Sumber)