News  

Disindir Tak Amanah, Anies Baswedan: Saya Sangat Hormat Pada SBY, Beliau Adalah Panutan

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat menyindir bakal capres Anies Baswedan yang tak amanah hingga tak bisa pegang janji.

SBY kecewa karena Anies memilih Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal cawapres. Anies pun beri respons terkait omongan SBY.

Dia mengaku hormat dengan figur SBY yang merupakan Presiden ke-6 RI. Bagi dia, SBY adalah sosok panutan dan teladan.

“Gini ya, sebenarnya saya tidak ingin menanggapi secara detail ini semua. Saya sangat hormat kepada Pak SBY. Beliau adalah panutan, beliau adalah Presiden yang sudah mengabdi 10 tahun, teladan,” kata Anies dalam wawancara dengan Najwa Shihab dikutip pada Selasa malam, 5 September 2023.

Anies pun membeberkan beberapa fakta untuk menanggapi pernyatan SBY. Dia menilai dinamika politik yang dialaminya sebagai suratan takdir dari Allah. “Allah maha mengatur pada mulai weekend. Jadi, saya buka tanggalan ya biar tidak salah. Mulai 27, 28, 29. Jadi, Minggu, Senin, Selasa, itu percakapan intensif di Tim Delapan,” ujar Anies.

Anies menyebut ada perbedaan pandangan yang dimulai pada Juni 2023. Saat itu, ia menyampaikan ke Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Nasdem, PKS, dan Demokrat terkait figur bakal cawapres.

. Dan, saya sampaikan ke Pak Surya Paloh,” ujarnya. Menurut dia, saat itu, Paloh tidak menolak nama AHY sebagai bakal cawapres.

“Beliau mengatakan begini itu adalah opsi yang boleh kita lakukan pencalonan di ujung, tapi tidak sekarang,” tuturnya. Baca Juga : Ini Janji Cak Imin Jika Terpilih Jadi Wapres “Kemudian, PKS memahami bahwa pilihannya memang AHY yang tersedia

Kemudian, Demokrat juga begitu,” lanjut eks Gubernur DKI Jakarta itu. Pun, ketika itu, Paloh mengatakan agar

.(Sumber)