Syamsuar Kembali Puncaki Daftar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Agustus 2023

Nama Gubernur Riau, Syamsuar yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Agustus 2023. Predikat ini telah kesekian kalinya diterima Syamsuar untuk menempati urutan pertama dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Syamsuar, tidak heran jika kemudian Riau menjadi salah satu basis suara Partai Golkar setiap kali Pemilu berlangsung. Dengan bertenggernya Syamsuar di peringkat pertama, tentu akan semakin mempertegas kuatnya Partai Golkar di Riau, utamanya jelang Pemilu 2024.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Syamsuar, ia memiliki total 1.016 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan Agustus 2023. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Syamsuar adalah sebesar 2,05 juta jangkauan.

Berita mengenai Syamsuar didominasi oleh purna tugas para Gubernur di Indonesia termasuk Syamsuar di dalamnya. Kemudian ada pula pemberitaan mengenai Syamsuar yang mendapatkan penghargaan RAD dari Kemenpora RI. Selanjutnya tentang paparan Gubri Syamsuar terkait aplikasi yang digunakan Pemprov Riau untuk tingkatkan inklusivitas UMKM dan pemuda Riau. Lalu terakhir acara deklarasi Pemilu damai yang diselenggarakan oleh Pemprov Riau jelang Pemilu 2024.

Selanjutnya Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Arinal Djunaidi. Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini untuk periode pemberitaan Agustus 2023, memiliki pemberitaan sebanyak 949 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi adalah sebesar 2,2 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas alasan mengapa Arinal Djunaidi tidak maju Caleg di Pemilu 2024, sementara koleganya Wagub Lampung Chusnunia maju Caleg DPR dari PKB. Kemudian pidato Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI mengenai ajakan membangun desa.

Selanjutnya tentang komoditas bawang merah di Lampung yang masih andalkan distribusi dari luar daerah. Oleh sebab itu, Arinal Djunaidi mendorong pertanian di Lampung agar menanam bawang merah agar kebutuhan domestik di Lampung tercukupi.

Selanjutnya, di posisi ketiga ada nama Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, Musa Rajekshah. Bulan Agustus lalu sekaligus menjadi bulan terakhir Musa Rajekshah menjabat sebagai Wagubsu. Untuk periode Agustus 2023, Musa Rajekshah memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 805 pemberitaan dengan reach mencapai 3,5 juta jangkauan.

Untuk pemberitaan mengenai Musa Rajekshah, di antaranya adalah acara pelepasan Musa Rajekshah sebagai Wagub Sumut yang dihadiri oleh ribuan orang dan kader Partai Golkar. Kemudian ada pula pemberitaan tentang kehadiran langsung Presiden Jokowi untuk berziarah ke makam orang tua Musa Rajekshah, Haji Anif.

Di tempat keempat ada nama Gubernur Kalsel yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor. Untuk periode bulan Agustus 2023 ini, Sahbirin Noor memiliki 725 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh Sahbirin Noor mencapai 1,2 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Sahbirin Noor salah satunya terkait dengan pernyataannya mengenai hari jadi Kalsel ke-73 yang membanggakan pembangunan jalan lintas tengah Banjarbaru dan Batulicin. Lalu ada pula pemberitaan tentang upaya Gubernur Sahbirin Noor dalam mencegah kebakaran hutan dengan membasahi lahan gambut di area Bandara Syamsudin Noor.

Untuk bulan Agustus 2023 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Alasan kami hanya mengeluarkan 4 orang sebagai sarana sosialisasi nomor urut Partai Golkar di Pemilu 2024. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Agustus 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Daftar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Agustus 2023 Berdasar Kuantitas Pemberitaan:

1. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
Gubernur Riau
Total: 1.016 Pemberitaan
Reach: 2,05 Juta Jangkauan

2. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Gubernur Lampung
Total: 949 Pemberitaan
Reach: 2,2 Juta Jangkauan

3. Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
Wakil Gubernur Sumut 2018-2023
Total: 805 Pemberitaan
Reach: 3,5 Juta Jangkauan

4. Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
Gubernur Kalsel
Total: 725 Pemberitaan
Reach: 1,2 Juta Jangkauan {golkarpedia}