Curhat Vidi Aldiano Jadi Pejuang Kanker Ginjal, ‘Spa Day’ Tiap 3 Minggu

Penyanyi Vidi Aldiano membawa kabar kurang mengenakkan soal kondisi kesehatannya. Baru-baru ini, ia curhat bahwa sel kanker yang ia derita sudah menyebar ke sejumlah titik dan Vidi harus menjalani perawatan rutin tiap 3 minggu sekali.

Dalam akun Instagramnya, Vidi bercerita sudah 3 tahun menjadi pejuang kanker sejak 2019 lalu. Vidi memang diketahui pernah mengidap kanker ginjal dan sudah menjalani operasi di Singapura.

Dalam foto yang ia unggah, Vidi tampak tersenyum meski selang infus terpasang di lengannya. Saat menjalani perawatan, ia ditemani oleh sang ibu Besbarini. Vidi menyebut proses treatment-nya itu sebagai ‘spa day’.

“Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu. Seiring waktu berjalan, I learn to make peace with my condition and be grateful for whatever God has given me throughout these years.” tulis Vidi di akun Instagramnya, Senin (18/9) kemarin.

CNNIndonesia.com telah meminta izin kepada Vidi untuk mengutip unggahannya tersebut.

Dalam unggahannya tersebut Vidi pun meminta doa agar ia kuat menjalani perawatan dan bisa terus menelurkan karya.

Unggahan Vidi juga dibanjiri ucapan semangat dari rekan selebritas.

Gejala kanker ginjal

Ilustrasi kanker (PDPics/Pixabay)Ilustrasi. Berikut ini gejala kanker ginjal seperti yang dialami Vidi Aldiano. (PDPics/Pixabay)

Mengutip WebMD, kanker ginjal merupakan penyakit saat sel-sel ginjal menjadi ganas (kanker) karena tumbuh di luar kendali dan membentuk benjolan. Biasanya terjadi pada salah satu ginjal.

Di awal pertumbuhan sel kanker, kanker ginjal sebagian besar tak bergejala hingga akhirnya sel kanker tumbuh lebih besar.

Ada sejumlah gejala kanker ginjal yang bisa Anda waspadai antara lain:

  • Urine berwarna merah muda karena mengandung darah.
  • Teraba benjolan di area pinggang ke arah belakang.
  • Hilang nafsu makan secara tiba-tiba.
  • Rasa nyeri pada pinggang yang tak reda dalam waktu lama.
  • Demam yang berlangsung selama 2 minggu lebih tanpa ada infeksi tenggorokan atau flu.
  • Sering kelelahan tanpa sebab.
  • Bengkak di pergelangan kaki.

Metastasis kanker

Dalam unggahan terbarunya, Vidi mengungkap sel kanker yang ada dalam tubuhnya telah menyebar ke sejumlah titik. Dalam dunia medis, hal ini disebut dengan metastasis.

Apa itu metastasis?

Mengutip laman Siloam Hospitals, metastasis artinya sel kanker telah menyebar dari tempat kanker pertama kali muncul ke jaringan-jaringan di luarnya. Penyebaran sel kanker tersebut umumnya terjadi melalui pembuluh limfatik (getah bening) atau pembuluh darah.

Seluruh jenis kanker berisiko menyebabkan metastasis, terutama jika telah memasuki stadium lanjut dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Namun, jenis kanker yang paling sering menyebabkan metastasis adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker tulang, kanker hati, kanker ginjal, dan kanker pankreas.

Metastasis umumnya terjadi pada area sekitar tempat kanker pertama kali tumbuh. Namun, tidak menutup kemungkinan sel kanker juga menyebar ke organ tubuh yang lebih jauh.

Bagian-bagian tubuh yang sering kali menjadi tempat penyebaran metastasis adalah otak, paru-paru, tulang, dan hati. Proses penyebaran metastasis tersebut terjadi melalui beberapa tahap, di antaranya:

  • Menyerang sel atau jaringan sehat di sekitarnya.
  • Menyebar ke dinding kelenjar getah bening atau pembuluh darah di sekitarnya.
  • Memasuki aliran darah dan getah bening ke organ tubuh lain.
  • Sel kanker menembus dinding pembuluh darah dan bergerak menuju jaringan organ tubuh tersebut untuk membentuk tumor baru.
  • Sel kanker akan membentuk pembuluh darah pada tumor baru untuk mendapatkan suplai darah dan terus tumbuh.(Sumber)