Kaesang Pangarep Minta Didoakan Jadi Ketua Umum PSI

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada hari ini, Sabtu, 23 September 2023. Peresmian bergabungnya Kaesang itu diwarnai isu bahwa dirinya akan menduduki posisi ketua umum partai tersebut, menggantikan Giring Ganesha.

Kaesang tak mau membantah tegas isu itu saat dikonfirmasi awak media pasca acara penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI di kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Dia bahkan meminta masyarakat untuk mendoakan agar hal itu benar terjadi.

“Saya masih anggota. Yo wis (ya sudah), doain aja,” jawab Kaesang.

Giring tak mau tanggapi isu Kaesang akan gantikan dirinya

Sementara Giring Ganesha enggan berkomentar soal itu. Dia hanya menyatakan saat ini PSI merasa sangat bersyukur dengan bergabungnya Kaesang.

“Saya cuma mau bilang alhamdulillah hari ini doa saya bersama doa ribuan kader PSI yang memiliki jiwa Jokowisme dikabulkan. Kita berbahagia sekali sekarang, tambah kekuatan baru. Mas Kaesang luar biasa,” ujar eks vokalis band Nidji itu.

Giring pun menyatakan tak membicarakan soal hal itu dalam pertemuannya dengan Kaesang yang berlangsung satu jam hari ini. Dia menyatakan mereka hanya membicarakan hal ringan.

“Nanti itu (soal Kaesang jadi Ketum PSI), kan kita baru aja happy Mas Kaesang gabung. Tadi ngomongin tentang beli baju, gayanya sekarang makin keren, kok parfumnya sama kaya parfum saya,” tuturnya.

Grace Natalie sebut tak ada pembahasan pragmatis
Adapun Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan pihaknya tidak membahas hal yang pragmatis. Menurutnya yang terpenting saat ini adalah semua kader PSI itu akan berjuang mewujudkan visi dan misi.

“Kita nggak ngomong yang pragmatis. Yang penting kita sama-sama berjuang dulu, kalau ada kesamaan visi, kita pengen anak muda itu nggak lagi jadi obyek pasif. Jadi kita mereka itu sama-sama mau ngeklaim haknya sebagai anak muda dan berjuang kita mau bentuk Indonesia kayak apa. Jadi visinya lebih jangka panjang sih. Nggak sebatas angka-angka pemilu aja,” ucap Grace.

Sebelumnya, pengamat politik Adi Prayitno menilai Kaesang Pangarep akan langsung mendapatkan posisi penting di PSI. Pasalnya, menurut dia, putra bungsu Presiden Jokowi itu memiliki popularitas yang tinggi.

“Bayangan saya jadi Ketua Umum atau Dewan Pembina (di PSI),” kata Adi dalam acara acara diskusi Total Politik di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 September 2023.(Sumber)