Rekor! Lamine Yamal Jadi Pemain Termuda Cetak Gol di La Liga, 16 Tahun 87 Hari

Lamine Yamal kembali mencatat rekor ketika Barcelona imbang 2-2 lawan Granada dalam laga La Liga 2023-2024 pekan ke-9, Senin (9/10/2023) dini hari WIB.

Lamine Yamal mencetak gol pada menit ke-45+1 atau jelang babak pertama akan berakhir. Gol tersebut membuat Barcelona memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 untuk kemudian berhasil imbang 2-2.

Dengan gol tersebut, Lamine Yamal resmi menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol dalam sejarah La Liga, dalam usia 16 tahun 87 hari.

Rekor usia itu mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Fabrice Olinga yang mencetak gol dalam usia 16 tahun 98 hari bersama klub Malaga.

Sebelumnya, Lamine Yamal juga sudah mencatatkan sejumlah rekor sensasional terkait usianya yang masih sangat muda.

Seperti diketahui, keberhasilannya masuk tim senior Barcelona membuatnya tidak luput dari pemanggilan timnas Spanyol.

Lamine Yamal kemudian menjadi pemain termuda dalam sejarah timnas Spanyol yang tampil dalam debutnya dan mencetak gol dalam usia 16 tahun 57 hari.

Lamine Yamal juga masih tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Barcelona yang tampil dalam debut bersama tim asal Katalunya tersebut, saat usianya 15 tahun 290 hari.

Di ajang Liga Champions pula, praktis dia menjadi pemain termuda dalam sejarah ajang ini yang tampil dalam usia 15 tahun, 305 hari.

Laga lawan Granada sendiri berakhir imbang 2-2. Barcelona gagal untuk meraih poin di kandang lawannya ini, di Stadion Los Carmenes. Dengan hasil ini, Blaugrana kini di posisi ketiga di bawah Real Madrid dan Granada.

Pasukan Xavi Hernandez memiliki 21 poin, tertinggal tiga poin dari Real Madrid yang memimpin klasemen dengan 24 poin.

Blaugrana secara mengejutkan tertinggal karena gol cepat Bryan Zaragoza Martinez saat laga baru memasuki menit ke-1. Bryan Zaragoza mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-29 yang membuat Granada sempat unggul 2-0.

Barcelona akhirnya berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol Lamine Yamal. Barcelona harus menunggu sampai ke menit ke-85 untuk menyamakan kedudukan, melalui gol yang diciptakan Sergi Roberto.

Fakta Menarik Granada vs Barcelona

Gol Bryan Zaragoza yang tepatnya tercipta pada detik ke-17, merupakan gol tercepat yang pernah mengoyak gawang Barcelona di abad ke-21.

Gol tersebut mengalahkan gol yang dicetak Karim Benzema (Real Madrid) pada 2011 dengan catatan 21 detik.

Dengan hasil imbang ini, Granada tidak terkalahkan dalam empat laga menghadapi Barcelona di La Liga (1 menang, 3 imbang). Ini merupakan catatan terbaik dalam sejarah klub dalam menghadapi Barcelona. Sebelumnya, Granada mengalami 20 kekalahan dari 23 lawan Blaugrana.

Pelatih Granada, Paco Lopez, dalam kariernya sebagai pelatih telah meraih dua kemenangan dari delapan laga lawan Barcelona dengan 2 kali imbang dan 5 kali kalah.(Sumber)