Sebut F1 GP Qatar 2023 Salah Satu Balapan Tersulit, Max Verstappen Justru Menang di Lusail

MOTOR-F1-QATAR/

Max Verstappen berhasil menjadi pemenang balapan F1 GP Qatar 2023, Senin 9 Oktober dini hari WIB, di Sirkuit Internasional Losail. Pembalap Red Bull Racing itu mengakui balapan tersebut salah satu yang tersulit sepanjang kariernya.

Sang juara dunia F1 2023 tampil dominan sejak start. Verstappen dengan nyaman memimpin sepanjang balapan hingga akhirnya finis sebagai pemenang di depan duo McLaren F1 Team, Oscar Piastri dan Lando Norris.

Max Verstappen (Red Bull Racing) melaju di Sirkuit Internasional Losail pada F1 GP Qatar 2023 (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Verstappen mengungkapkan kunci kemenangannya di Lusail adalah kecepatan yang apik di paruh pertama balapan. Walau begitu, ia terus mewaspadai duet McLaren yang terus membayangi di belakang.

“Yang membuat perbedaan hari ini adalah bagian pertama dalam balapan. Kami mampu menunjukkan kecepatan luar biasa di sana. Setelah itu, tinggal memperhatikan ban saja,” kata Verstappen dilansir dari Speedweek, Selasa (10/10/2023).

“Tetapi saya harus tetap waspada karena McLaren menunjukkan kecepatan yang luar biasa. Dan kami harus menjaga jarak keamanan karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” tambah pria asal Belanda itu.

Akan tetapi, Verstappen menilai balapan GP Qatar 2023 merupakan salah satu yang terberat dalam kariernya. Sebab, manajemen ban yang dilakukan, berbeda dari biasanya lantaran ada peraturan khusus dari FIA setelah melihat kondisi aspal yang mudah merusak ban.

Menurut saya itu adalah salah satu dari lima balapan yang tersulit dalam karier saya. Itu adalah balapan yang aneh, dengan semua pemberhentian wajib karena kami tidak diperbolehkan menggunakan ban lebih dari 18 lap,” jelas Verstappen.

“Sejujurnya, saya lebih suka Grand Prix biasa (dibanding tambahan sprint). Karena biasanya salah satu kekuatan terbesar kami adalah seberapa baik mobil menangani ban dan kami tidak dapat memanfaatkan kekuatan itu di sini,” pungkasnya.

Max Verstappen

Sebelumnya, Verstappen hanya menjadi runner-up pada Sprint Race F1 GP Qatar 2023, Minggu 8 Oktober dini hari WIB. Namun, hasil tersebut sudah cukup untuk membuatnya mengunci titel juara dunia F1 2023.

Sebab, dengan lima seri tersisa, koleksi 433 poin milik Verstappen tak mungkin dikejar pesaing terdekat sekaligus rekan setimnya, Sergio Perez (244). Pembalap berusia 26 tahun itu sudah tiga kali beruntun menjadi juara dunia sejak 2021.(Sumber)