News  

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin Soal Defisit Rp.1,5 Triliun: Sulsel Ini Sudah Bangkrut!

Penjabat (pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyebut Sulsel telah bangkrut karena defisit anggaran hingga Rp 1,5 triliun.

Bahtiar menyampaikan itu di Rapat Paripurna DPRD Sulsel pada Rabu (11/10).
“Ada Rp 1,5 triliun defisit anggaran, daerah ini (Sulsel) bangkrut. Jadi ibarat kapal, saya nakhoda dan ini kapalnya mau tenggelam,” kata Bahtiar.

Menurut Bahtiar, kebangkrutan Sulsel ini lantaran pemerintahan sebelumnya keliru dalam melakukan perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pengeluaran lebih banyak dibandingkan pemasukan.
“Angka Rp 10,3 T itu angka fiktif, uangnya tidak ada. Ini yang saya sampaikan ke Kementerian Dalam Negeri,” ujar Bahtiar.
“Sebagai orang Bugis Makassar ketika saya mengambil tanggung jawab saya tidak akan lari dari tanggung jawab, maka saya akan ambil upaya penyelamatan,” kata Bahtiar.

“Jadi, saat ini kita puasa sampai Desember,” ujar Bahtiar.
Menurut Bahtiar, ke depan pemerintah akan terus menjaga iklim investasi dan mendorong kemajuan dunia usaha domestik. Pendapatan daerah pada tahun 2024 diproyeksikan Rp 10,466 triliun, atau meningkat 3,29%.

“Dibandingkan target pendapatan 2023 sebesar Rp 10,133 triliun, yang terdiri dari target PAD (Pendapatan Asli Daerah) sebesar Rp 6,13 triliun lebih atau meningkat sebesar Rp 335,78 miliar lebih. Target pendapatan transfer (pendapatan dari APBN dan APBD) sebesar Rp 4,32 triliun lebih atau menurun,” ujar Bahtiar.(Sumber)