Sirkuit Mandalika Dapat Grade A Homologasi FIM dan Dorna, Layak Gelar MotoGP

Sirkuit Mandalika dinyatakan lolos proses homologasi dengan Grade A dari pihak Federasi Motor Internasional (FIM) dan Dorna. Dengan begini, sirkuit di NTB tersebut layak untuk menggelar MotoGP.

Keputusan ini keluar pada Kamis (12/10) sore WIB. Usai FIM didampingi Dorna, MGPA, MotoGP Race Director, dan berbagai pihak terkait lainnya melakukan track inspection jelang dimulainya rangkaian balapan MotoGP Mandalika.

“Pada hari Kamis sore tadi pukul 17:00, Pertamina Mandalika International Circuit telah mendapatkan Homologasi FIM Grade A,” ungkap Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dalam keterangan resminya.

“Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM, ini berarti Pertamina Mandalika International Circuit sudah layak untuk dijadikan tempat pagelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 selama 13-15 Oktober,” imbuhnya.

Para riders Indonesian GP 2023 yang siap melakukan Riders Parade. Foto: Dok. InJourney
Para riders Indonesian GP 2023 yang siap melakukan Riders Parade. Foto: Dok. InJourney

Keberhasilan lolos homologasi Grade A tersebut tidak lepas dari peningkatan sejumlah fasilitas sirkuit yang telah dilakukan oleh ITDC bersama MGPA. Sebab, itu memang syarat penting demi memenuhi prasyarat penilaian homologasi sesuai panduan FIM.

Salah satu pebalap yang antusias balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika adalah Jack Miller. Pebalap Australia itu menganggap Mandalika sebagai sirkuit yang menyenangkan.

”Belum banyak yang bisa saya katakan [tentang balapan], tapi Sirkuit Mandalika itu memang tempat yang menyenangkan,” kata Miller ketika ditemui di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

”Saya merasa antusias untuk menghadapi apa yang akan ada di sana nantinya,” lanjutnya.

(Sumber)