News  

5 Produk Israel Yang Masih Eksis di Indonesia

Banyak produk Israel di Indonesia yang diboikot oleh masyarakat. Mereka yang pro Palestina melakukan ini lantaran mengecam tindakan Israel yang terus melakukan pengeboman dan penindasan terhadap warga sipil Palestina.
ADVERTISEMENT

Salah satu gerakan boikot ini dinamakan BDS (Boycott, Divestment, Sanctions). Mengutip laman BDS Movement, gerakan ini dibuat sebagai kecaman masyarakat internasional terhadap aksi penindasan Israel terhadap Palestina.
Melalui gerakan ini, mereka menjunjung tinggi kebebasan, keadilan, dan kesetaraan untuk rakyat Palestina. BDS juga memegang prinsip sederhana bahwa warga Palestina memiliki hak yang sama seperti manusia lainnya.
Untuk menerapkan pemboikotan seperti BDS, Anda perlu mengetahui produk-produk Israel yang dijual di Indonesia terlebih dahulu. Simak daftarnya dalam artikel berikut ini.

Produk Israel di Indonesia

Ilustrasi pelabuhan di Israel. Foto: Shutterstock

zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelabuhan di Israel. Foto: Shutterstock
Tanpa disadari, banyak produk Palestina yang dijual di Indonesia. Berikut ini beberapa daftarnya yang bisa Anda simak:

1. Edushape

Edushape adalah perusahaan yang memproduksi beragam jenis mainan edukasi untuk anak-anak. Perusahaan ini berpusat di beberapa negara, salah satunya di Tel Aviv, Israel.

Banyak yang menganggap bahwa perusahaan ini memiliki afiliasi dengan Israel. Oleh karena itu, Edushape menjadi salah satu brand yang masuk dalam daftar boikot masyarakat dunia yang pro Palestina.

2. Tiny Love

Tiny Love adalah brand yang memproduksi mainan dan perawatan bayi. Merek ini pertama kali didirikan di Israel.

Namun, Tiny Love sempat diakuisisi oleh perusahaan lain dan beroperasi secara internasional di beberapa negara. Ekspansinya cukup luas hingga tersebar di 50 negara, termasuk Indonesia.

3. Rummikub

Rummikub adalah sejenis board games yang bisa dimainkan 2-4 orang. Permainan ini diciptakan oleh seorang warga Israel, Ephraim Hertzano pada tahun 1940-an. Permainan Rummikub sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

4. Taf Toys

Taf Toys adalah merek mainan dan aksesori bayi milik Shilav Group. Merek ini didirikan di Israel, tepatnya di wilayah Tel Aviv-Jaffa.

Produknya cukup bervariasi, mulai dari gendongan bayi, stroller, car seat bayi, mainan, dan masih banyak lagi. Karena dianggap sebagai produk asli milik Israel, banyak orang yang memboikot brand ini dan berhenti menggunakan produknya lagi.

5. Sabra

Sabra merupakan merek yang memproduksi aneka makanan kemasan. Salah satu produknya yang cukup terkenal yaitu Hummus, hidangan utama khas Timur Tengah.

Perusahan ini adalah bentuk patungan antara PepsiCo dan Strauss Group. Sebagian besar produk Sabra diproduksi di Amerika Serikat. Meski begitu, Sabra telah masuk menjadi salah satu produk yang banyak diboikot oleh orang-orang Pro Palestina.