News  

Bos Alexis Alex Tirta Sewakan Rumah Kertanegara 46 Rp.650 Juta Setahun Untuk Firli Bahuri

Polda Metro Jaya menyebut Ketua Harian PP PBSI sekaligus bos Hotel Alexis, Tirta Juwana Darmaji alias Alex Tirta, membayarkan biaya sewa rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan, untuk Ketua KPK Firli Bahuri.

Hotel Alexis ditutup Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017.
Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, Alex menyewa rumah itu dari seseorang berinisial E. E juga telah dimintai keterangan oleh polisi.

Bukti Telak Bikin Firli Sulit Mengelak
Ketua KPK Firli Bahuri di ujung tanduk. Kasus dugaan pemerasan olehnya terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus diusut Polda Metro Jaya. Satu per satu ucapan “bela diri” Firli terbantahkan. Bukti pun menguat. Akahkah ia tersangka?
“Pemilik rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah E, dan yang menyewa rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah Alex Tirta,” ujar Ade saat dikonfirmasi, Selasa (31/10).

Ade menuturkan, Alex merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah untuk membayar sewa rumah tersebut setiap tahunnya. Namun belum diketahui pasti sejak kapan rumah itu disewa dan tujuan Alex menyewakannya untuk Firli.

“Sewa, ya, sekitar Rp 650 juta setahun,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Ade mengatakan, pihaknya akan meminta keterangan Alex Tirta pada Rabu (1/11) besok.

Rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46 ini menjadi perbincangan usai Polda Metro Jaya menggeledahnya. Penggeledahan dilakukan dalam rangkaian penyidikan kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK pada eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Rumah tersebut digeledah atas nama Firli. Padahal rumah itu tak terdaftar dalam LHKPN Firli.
Menurut pengacara Firli, Ian Iskandar, kliennya yang langsung menyewa rumah itu, menggunakan dana dari kantong pribadi ketua KPK tersebut.

Dia menuturkan, rumah itu sengaja disewa Firli sebagai tempat singgah. Terlebih, posisinya yang dekat dengan lapangan bulu tangkis Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK).

Biaya sewa rumah itu pun disebutnya tidak mahal. Namun Ian tidak merinci berapa nilai pastinya dan sejak kapan Firli menyewa rumah itu.

“Enggak mahal (sewanya), itu rumah tua, cuma kamar yang dipakai untuk istirahat, kalau ada kegiatan di Jakarta. Lagi pula dekat lapangan bulu tangkis PTIK, tempat beliau main di sana,” tuturnya.(Sumber)