News  

Makan Siang Gratis Bagi Anak Jadi Program Inti Prabowo, Anggarannya Rp. 450 Triliun

Calon Presiden Prabowo Subianto menaruh program makan siang gratis sebagai program nomor satu dari Program Hasil Cepat Terbaik yang dirancang oleh dia dan timnya. Dalam hal ini, Prabowo menganggarkan dana Rp 450 triliun.

“Kita hitung kapasitas kita sekarang saya kira baru kasih satu kali makan (siang) atau habisnya ada snack. Saya kira ini sudah prestasi menurut saya, ini menurut saya suatu langkah yang strategis yang cukup menjawab banyak masalah. Hitungan Rp 400 triliun, 450 triliun (atau) kira-kira 30.000.000.000 dolar,” kata Prabowo di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Rabu (8/11).

Meskipun belum menjelaskan dari mana dana tersebut akan dianggarkan, Prabowo mengatakan program makan siang gratis untuk seluruh anak Indonesia sangat strategis yang dapat menyelesaikan banyak permasalahan.

Lantaran menurutnya dana yang digelontorkan untuk program ini kemudian akan beredar di dalam negeri, sehingga akan menimbulkan multiplier effect (efek berganda).

“Kalau satu dolar beredar di suatu negara itu multiplier effect itu bisa dua tiga kali, ini uang beredar beli telur, beli ikan asin, ikan lele, luar biasa, petani-petani kita hidup semua, emak emak masak di mana-mana,” tambah Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Di sisi lain, program tersebut juga akan membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu.

Wujud dari keadilan sosial, bagaimana pun satu keluarga punya dua atau tiga anak, dia tidak perlu lagi mikir dua atau tiga anaknya akan dikasih makan siang tiap hari, itu adalah salah satu wujud keberpihakan,” ujar Prabowo.

“Terutama bagi kita adalah untuk segera memberi makan siang kepada seluruh anak Indonesia seluruh anak Indonesia, termasuk mereka yang masih di dalam kandungan Ibunya. Jadi ibu ibu hamil kita tunjang,” kata dia menambahkan.

Sehingga Prabowo memandang, program ini akan menjadi strategi jangka panjang untuk memperbaiki kondisi sumber daya manusia di Indonesia.

“Menghilangkan stunting, menghilangkan dan mengurangi beban rakyat miskin dan rakyat yang tidak berdaya. Dengan memberikan makan kita berharap menasihatkan depan mampu menyusun Indonesia makmur,” ujarnya.

Sebelumnya calon presiden Prabowo Subianto berjanji akan ada program makan siang gratis dan susu gratis bagi siswa Sekolah Dasar sampai Pondok Pesantren.

Menurut Prabowo, program pemerintah di era Presiden Jokowi yang bagus akan tetap dijalankan bahkan ditingkatkan.

“Selanjutnya kita harus, rencana kita memberi makan siang dan minum susu gratis untuk semua murid di sekolah negeri, sekolah swasta, pesantren, anak-anak balita dan bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil,” kata Prabowo dalam pidato politik saat Konsolidasi Pemenangan Partai Bulan Bintang di Padang, Sabtu (9/9).(Sumber)