Sosok Herman Efendi: Dulu Kopral TNI, Kini Panglima Partai Golkar Merangin

Herman Efendi dulunya merupakan seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang sempat bertugas di Jakarta. Namun, ia kemudian kembali ke kampung halamannya untuk menjadi prajurit di Kabupaten Merangin.

Pada tahun 2004, ia kembali ke Kabupaten Merangin untuk menjalankan dinas di tanah kelahirannya. Di sana, Fendy berdinas sembari menjalankan usaha.

“Alhamdulillah, perjalanan demi perjalanan kami juga menyempatkan diri berdinas sambil berusaha,” ucap Ferdi dalam sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Hawa Entertainment.

Pada tanggal 12 Januari, Fendy memutuskan untuk pensiun dini dari TNI. Ia mengaku datang bersama dengan anak istrinya ke komandan dan meminta izin untuk pensiun dini.

“Alhamdulillah surat naik, dan kami mendapatkan restu dari komandan Kodim, Komandan Korem, dan bapak Pangdam. Alhamdulillah surat pensiun kami turun pada tanggal 30 September 2017,” ujar Fendy.

“Alhamdulillah hari itu, kami resmi menjadi purnawirawan dari jajaran TNI AD,” lanjutnya.

Fendy menilai bahwa keluar dari satuan yang sudah membesarkannya yaitu TNI AD adalah keputusan besar yang memerlukan pertimbangan kuat. Ia mengaku bahwa keputusan itu juga ia diskusikan dengan ibu, istri, dan anaknya.

“Tentu kami juga berpikir dan konsultasi dengan ibu yang masih hidup, dengan istri dan anak-anak,” ujar Fendy.

Meskipun sempat tidak diberikan izin oleh sang ibu, dengan sedikit penjelasan yang logis, maka Fendy kemudian diizinkan untuk keluar dari TNI.

Dalam perjalanannya sebagai seorang pengusaha, Fendy mengaku ingin juga terjun untuk bersama-sama membangun tanah kelahirannya.

“Dengan usaha yang ada ini, timbul rasa ingin ikut serta membangun Kabupaten Merangin di luar dari seorang prajurit,” ujar Fendy.

Fendy kemudian memutuskan untuk terjun ke dunia politik dengan masuk ke Partai Golkar. Ia mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Merangin dari Dapil II.

Dalam perjalanan karir sebagai seorang politisi yang menduduki kursi legislatif, Fendy mengincar kursi ketua DPRD. Ia bersaing dengan Sukar dari Dapil III dan berhasil menang. Fendy akhirnya didapuk sebagai Ketua DPRD Merangin periode 2019-2024.(Sumber)