Fernando Alonso Kritik F1 GP Las Vegas 2023: Tak Begitu Menyenangkan!

Fernando Alonso mengkritik penyelenggaraan F1 GP Las Vegas 2023. Pembalap tim Aston Martin F1 Team itu mengaku kurang begitu suka dengan balapan di Sirkuit Las Vegas Strip, Nevada, Amerika Serikat (AS).

Ajang balap mobil dunia F1 kembali dilangsungkan di Las Vegas untuk pertama kalinya setelah terakhir kali pada 1980. Alih-alih mendapatkan respons positif, sejumlah kejadian hingga kritikan justru diterima F1 atas seri balapan tersebut.

Sang juara bertahan, Max Verstappen, tak segan-segan menyuarakan kritikannya yang menurutnya F1 GP Las Vegas 2023 lebih mengutamakan aspek hiburan ketimbang olahraga. Alonso juga menjadi salah satu pembalap yang tak menyukai seri ke-21 F1 2023 tersebut.

“Tak begitu menyenangkan untuk balapan di sirkuit sedemikian rupa dengan kecepatan 360km/jam tanpa grip, penglihatan, dan memantul secara liar,” kata Alonso dilansir dari Crash, Selasa (21/11/2023).

Menurut pembalap asal Spanyol itu, mobil F1 saat ini tidak cocok untuk digunakan di Sirkuit Las Vegas Strip. Pasalnya, lintasan tersebut tidak bisa membuat para pembalap mengeluarkan potensi terbaik dengan mobilnya.

“Saya tahu mungkin dari luar terlihat baik, tetapi mobil kami tidak dirancang untuk belok dengan kecepatan 80km/jam,” tutur Alonso

Mobil kami dibangun untuk tampil di Sirkuit Suzuka, Barcelona, atau Silverstone untuk lebih memaksimalkan potensi,” tandas pria berusia 42 tahun itu.

Alonso berharap adanya keseimbangan pada kalender F1 nantinya. Dia ingin balapan tradisional yang memperlihatkan kehebatan mobil Formula 1 tetap terus dipertahankan.

Fernando Alonso (Aston Martin) melaju di samping The Sphere pada F1 GP Las Vegas 2023 (Foto: Reuters/Lucas Peltier)

Las Vegas sendiri terikat kontrak dengan F1 dan Liberty Media selama 10 tahun yang berlaku mulai 2023. Itu artinya, masih ada sembilan kali lagi balapan di sana sesuai kontrak.

F1 memang tengah gencar melakukan ekspansi pasar ke Amerika Serikat (AS). Pada F1 2023 saja, ada tiga balapan di Negeri Paman Sam. Dua lagi bertajuk F1 GP AS di Sirkuit CoTA (Texas) dan F1 GP Miami di Sirkuit Miami International Autodrome (Miami).(Sumber)