Ini 5 Negara Yang Pembalapnya Sering Juara MotoGP

Motorcycling - MotoGP - Valencia Grand Prix - Circuit Recardo Tormo, Valencia, Spain - November 26, 2023 Ducati Lenovo Team's Francesco Bagnaia celebrates after winning the MotoGP World Championship REUTERS/Pablo Morano TPX IMAGES OF THE DAY

PEMBALAPasal Italia, Francesco Bagnaia secara resmi sukses menyabet gelar juara dunia MotoGP 2023 sekaligus membuat negaranya menjadi negara yang paling sering menjadi juara dunia MotoGP.

Pembalap asal tim Ducati Lenovo memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2023 setelah berhasil memenangkan balapan terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Total Bagnaia mengoleksi 467 poin dan unggul 39 poin dari Jorge Martin di peringkat kedua.

Francesco Bagnaia

Keberhasilan Francesco Bagnaia menjadi juara dunia membuatnya menjadi pembalap pertama yang menjuarai MotoGP dengan menggunakan nomor #1 sejak terakhir kali dilakukan oleh Mick Doohan pada tahun 1998.

Selain itu, keberhasilan pembalap yang akrab disapa Pecco itu menjadi juara dunia MotoGP 2023 juga semakin mengukuhkan negaranya, yakni Italia sebagai negara dengan pembalap yang paling banyak menjuarai MotoGP.

Berikut adalah 5 negara yang pembalapnya paling sering juara MotoGP

5. Australia (8 Gelar)

Mick Doohan

Australia sukses menjuarai ajang balap kelas tertinggi atau yang sekarang dikenal dengan MotoGP sebanyak delapan kali. Ada tiga pembalap yang menyumbangkan gelar juara dunia MotoGP dari Australia.

Mereka adalah Mick Doohan, Casey Stoner, dan Wayne Gardner. Doohan sukses memenangkan lima titel, selagi Stoner dua kali dan Gardner menjadi juara sekali.

4. Spanyol (11 Gelar)

Marc Marquez

Spanyol gagal menambah gelar juara dunia pada musim ini setelah Jorge Martin kalah dari Francesco Bagnaia. Total, Spanyol memiliki 11 gelar juara dunia dari MotoGP.

Marc Marquez adalah yang terbanyak dengan enam gelar. Kemudian, Jorge Lorenzo menyusul dengan tiga gelar selagi Alex Criville dan Joan Mir masing-masing sekali.

3. Amerika Serikat (15 Gelar)

Nicky Hayden

Amerika Serikat punya 15 gelar dari tujuh pembalap. Namun, gelar terakhir Amerika Serikat di MotoGP adalah pada 2006 oleh Nicky Hayden.

Eddie Lawson jadi yang terbanyak dengan empat gelar, disusul Kenny Roberts dan Wayne Rainey dengan masing-masing tiga gelar. Freddie Spencer punya dua gelar, kemudian Kenny Roberts Jr dan Kevin Schwantz jadi juara dunia masing-masing sekali, sama seperti Nicky Hayden.

2. Inggris (17 Gelar)

Geoff Duke

Inggris memiliki 17 gelar juara dunia MotoGP dari enam pembalap. Geoff Duke, John Surtees, dan Mike Hailwood menyumbangkan masing-masing empat gelar.

Phil Read dan Barry Sheene menyusul dengan masing-masing dua gelar. Satu gelar lain direngkuh Leslie Graham.

1. Italia (22 Gelar)

Francesco Bagnaia

Italia menjadi raja balap MotoGP dengan total 22 gelar dari tujuh pembalap. Francesco Bagnaia menambahkan yang terbaru dengan gelar keduanya.

Yang terbanyak adalah oleh Giacomo Agostini dengan delapan gelar. Kemudian, Valentino Rossi menyusul dengan tujuh gelar.

Umberto Masetti, bersama Bagnaia, memiliki dua gelar. Tiga gelar tersisa diraih Libero Liberati, Marco Lucchinelli, dan Franco Uncini masing-masing sekali.(Sumber)