News  

Maruli Simanjuntak Resmi Jadi KSAD, Geng Solo Berjaya

Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang naik jadi Panglima TNI, Rabu (29/11). Dengan dilantiknya Maruli, Geng Solo yang disebut-sebut sebagai kumpulan orang terdekat dan kepercayaan Jokowi semakin menunjukkan taringnya.

“Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB, dijadwalkan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden di Istana Negara,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (29/11).

Isu Geng Solo ini sebelumnya menguat saat Agus Subiyanto ditunjuk sebagai Panglima, menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang pensiun. Geng Solo dipercaya sebagai kumpulan pucuk pimpinan TNI dan Polri yang merupakan orang kepercayaan Jokowi sejak ia masih menjadi Wali Kota Solo.

Menjelang tahun politik 2024, Jokowi mulai terlihat bermanuver dengan menarik Geng Solo ke lingkar satu istana. Tak cuma di pusat, Geng Solo juga ditengarai ikut berjaya di Jawa Tengah yang diprediksi bakal jadi ajang pertarungan sengit antara Ganjar Pranowo dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Agus Subiyanto yang baru jadi Panglima pernah bersama Jokowi di Solo pada periode 2009-2011. Saat itu Jokowi merupakan Wali Kota Solo, sedangkan Agus merupakan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0735/Surakarta.

Di era yang sama, Jenderal Listyo Sigit yang saat ini menjadi Kapolri juga bertugas di Solo. Saat itu Listyo merupakan Kapolres Solo di era 2011.

Di periode pertama Jokowi menjadi presiden, Listyo ditugaskan menjadi ajudan Jokowi. Sedangkan di periode kedua, Agus “didekatkan” dengan menjadi Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 061/Surya Kencana yang bermarkas di Bogor, tak jauh dari Istana Kepresidenan tempat Jokowi tinggal.

Kedekatan berlanjut saat Agus ditunjuk sebagai Komandan Paspampres 2020-2021. Berlanjut sebagai Pangdam III/Siliwangi yang menaungi wilayah Jawa Barat.

Kini, Geng Solo semakin berjaya dengan dilantiknya Maruli. Selain sebagai perwira tinggi, Maruli juga merupakan menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, orang kepercayaan Jokowi.

Geng Solo Benteng Jokowi
Geng Solo menguat seiring memanasnya situasi politik. Orang-orang yang dulu bersama Jokowi di Solo, terus masuk ke lingkar kekuasaan. Bukan cuma di pusat, tapi juga di daerah lumbung suara PDIP. Akankah mereka bentengi

Jokowi dari serudukan banteng?
Perjalanan tugas Maruli juga tidak jauh dari Jokowi, Solo, dan Jawa Tengah. Karier dimulai dari Dan Grup A Paspampres–grup pengawal khusus Presiden (2014—2016).

Lalu jadi Danrem 074/Warastratama pada 2016—2017. Korem ini membawahi wilayah Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri dan Boyolali). Markasnya ada di Surakarta.

Berikutnya, Maruli naik jadi Wadanpaspampres pada 2017—2018. Dilanjutkan dengan jabatan Kasdam IV/Diponegoro pada 2018. Terakhir, Danpaspampres pada 2018—2020. Maruli merupakan pimpinan tameng hidup bagi Jokowi.

Setelah itu, Maruli menjalani tour of duty, sebagai Pangdam IX/Udayana, Pangkostrad, hingga akhirnya menjadi KSAD.(Sumber)