News  

Viral! Atap Pesawat Boeing 787 Air India Bocor Saat Terbangan Dari New Delhi Ke London

Viral di media sosial X, penumpang pesawat Boeing 787 Dreamliner milik Air India kebasahan akibat atap kabin bocor dan mengucurkan air. Mengutip sejumlah media India, peristiwa itu terjadi dalam penerbangan dari New Delhi ke London pada Rabu (29/11).

“Kebocoran air terjadi di kabin pesawat Air India 787 Dreamliner di tengah penerbangan pada 29 November. Penumpang kaget mendapati diri mereka kebasahan dalam perjalanan ke London,” tulis India Today, Kamis (30/11).

Video yang menggambarkan bocornya atap kabin pesawat, pertama kali diunggah akun X @baldwhiner. Saat dipantau kumparan, video tersebut sudah dilihat hampir 800 ribu kali dan viral di berbagai akun media sosial.

Penumpang yang duduk persis di bawah kucuran air, terpaksa menyingkir karena kursi mereka pun basah kuyup. Sementara itu tak terlihat kepanikan di wajah para penumpang lainnya.

“Penerbangan AI169 yang beroperasi dari Gatwick ke Amritsar pada 24 November 2023 mengalami kejadian langka dalam penyesuaian kondensasi di dalam kabin,” demikian dinyatakan perusahaan.

Untuk menghindarkan penumpang jadi basah kuyup, awak kabin Air India telah memindahkan mereka ke kursi kosong lainnya. “Air India berkomitmen terhadap keselamatan dan kenyamanan para tamu di pesawat dan kami menyesali kejadian yang tidak terduga ini,” ujarnya.

Boeing 787 yang biasa disebut Dreamliner, merupakan pesawat badan lebar yang relatif baru. Pesawat ini punya kapasitas 242 hingga 335 penumpang, tergantung konfigurasi tempat duduk yang diminta maskapai.

Pertama kali diluncurkan di penghujung 2009, Dreamliner perdana dioperasikan oleh maskapai penerbangan Jepang, All Nippon Airways.

Sementara itu India Today menulis, kebocoran pada kabin pesawat merupakan peristiwa yang jarang terjadi. Hal itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, utamanya akibat kondensasi. Yaitu uap atau embun yang mencair di ketinggian.(Sumber)