Charles Leclerc Bakal Perpanjang Kontrak 5 Tahun di Scuredia Ferrari

Charles Leclerc dikabarkan bakal mendapatkan perpanjangan kontrak dari tim Scuderia Ferrari. Tak tanggung-tanggung, sebuah kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun disebut akan ditandatanganinya dengan tim pabrikan asal Italia itu.

Leclerc berseragam Ferrrari sejak musim 2019 lalu hanya semusim setelah debut di F1 dengan Alfa Romeo Sauber. Musim pertamanya pun berjalan dengan manis di mana dia menyabet dua kemenangan, tujuh pole position dan 10 podium.

Performa apiknya itu pun membuatnya langsung diikat kontrak selama lima tahun oleh Tim Kuda Jingkrak -julukan Ferrari. Namun tak terasa, pada akhir musim F1 2024 mendatang, kontrak pembalap asal Monako itu akan habis, berbarengan dengan rekan setimnya, Carlos Sainz Jr.

Kendati demikian, Presiden Ferrari, John Elkann, telah mengonfirmasi pada awal pekan lalu mengenai masa depan Leclerc dan Sainz. Dia memastikan bahwa kedua pembalapnya itu bakal bertahan di Ferrari.

Dilansir dari Motorsportweek, Senin (4/12/2023), sebuah laporan dari Italia menyebutkan bahwa Ferrari akan segera mengumumkan perpanjangan kontrak untuk Leclerc. Dia bakal menerima kontrak panjang lagi selama lima tahun yang akan membuatnya bertahan hingga akhir musim 2029 mendatang.

Kabarnya, pembalap berusia 26 tahun itu akan mendapat bayaran dua kali lipat lebih banyak pada kontrak anyarnya nanti. Gajinya yang tadinya berada di angka 25 juta Euro (Rp420 miliar) semusim menjadi 50 juta Euro (Rp840 miliar).

Charles Leclerc sendiri menghabiskan tiga dari lima musimnya bersama Ferrari dengan tanpa kemenangan, termasuk pada musim F1 2023 lalu. Secara total, dia baru mengemas lima kemenangan dalam 105 balapan meski mampu meraih 23 pole position.

Hasil terbaiknya adalah menjadi runner up F1 2022 dengan torehan 308 poin. Sayangnya, performanya menurun pada musim lalu sehingga harus puas finis di posisi lima klasemen akhir dengan torehan 206 poin saja.

Dengan performanya yang kurang stabil tersebut, Gazzetta Dello Sport melaporkan bahwa terdapat klausul yang membuatnya bisa didepak dari tim meski kontraknya belum habis. Semuanya bergantung dari performa yang ditunjukkannya nanti.(Sumber)