Tekno  

Google Luncurkan Gemini, AI Yang Dapat Berperilaku Seperti Manusia

Lompatan baru di dunia kecerdasan buatan dilakukan raksasa teknologi Google. Pada Rabu (6/12) Google meluncurkan proyek Gemini, sebuah model AI yang dilatih untuk berperilaku seperti manusia.

Associated Press melaporkan, peluncuran ini akan dilakukan secara bertahap, dengan versi Gemini yang kurang canggih yang disebut “Nano” dan “Pro” segera dimasukkan ke dalam chatbot Google yang didukung AI, Bard, dan Pixel 8 Pro, ponsel pintar teranyar buatan Google.

Perusahaan mengatakan, dengan bantuan Gemini, Google berjanji Bard – program chatbot AI berbasis language model – akan menjadi lebih intuitif dan lebih baik dalam tugas-tugas yang melibatkan perencanaan.

Menurut Google, pada Pixel 8 Pro, Gemini akan dapat dengan cepat meringkas rekaman yang dibuat di perangkat dan memberikan balasan otomatis pada layanan perpesanan, dimulai dengan WhatsApp.

Kemajuan terbesar Gemini baru akan terjadi pada awal tahun depan ketika model Ultra-nya akan digunakan untuk meluncurkan “Bard Advanced,” versi chatbot yang awalnya hanya akan ditawarkan kepada penguji coba.

Dikatakan bahwa, AI tersebut, pada awalnya, hanya akan berfungsi dalam bahasa Inggris di seluruh dunia.

Gemini juga pada akhirnya akan dimasukkan ke dalam mesin pencari dominan Google, meskipun waktu transisinya belum ditentukan.(Sumber)