News  

Ganjar Sindir Prabowo Soal Kelangkaan Pupuk di Jateng: Pikniknya Kurang Jauh!

Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo menanggapi komentar capres nomor urut 02, Prabowo Subianto terkait distribusi pupuk di Jawa Tengah saat debat perdana Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Selasa (12/12) kemarin.

Ganjar menilai Prabowo kurang berkeliling jauh untuk melihat persoalan pangan di Indonesia. Dalam debat, Prabowo mengeklaim banyak petani yang mengeluh terkait sulitnya mendapatkan pupuk di Jawa Tengah, yang merupakan daerah yang dipimpin Ganjar selama 10 tahun.

“[Persoalan] Pupuk saya sampai ditanya sama Pak Prabowo di debat kemarin, sayangnya beliau pikniknya saja kurang jauh,” ujar Ganjar dalam agenda Rakorpimnas Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (14/12).

Ganjar juga menampik pernyataan Prabowo yang menyebut persoalan pupuk hanya terjadi di Jawa Tengah saja.
“Dikiranya itu terjadi di kampung saya saja. Tidak. Untungnya saya berkeliling ke seluruh Indonesia, untungnya saya berkeliling. Dan saya mendengarkan langsung dari pelaku yang ada di paling bawah,” terangnya.

Sebelumnya, dalam debat perdana Pilpres 2024, Prabowo mengatakan dalam kunjungannya di Jawa Tengah dia mendapat laporan soal kesulitan petani mendapatkan pasokan pupuk.

“Mereka mengeluh dengan Kartu Tani yang bapak luncurkan, ini mempersulit mereka dapat pupuk, jadi sebetulnya mereka ingin pupuk pengadaannya disederhanakan,” tutur Prabowo.

Merespons pernyataan tersebut, Ganjar menilai kelangkaan pupuk juga terjadi di sejumlah daerah.
“Untuk Pak Prabowo saya harus mengingatkan Pak, pupuk langka terjadi di Papua, Sumatera Utara, NTT, NTB, dan Kaltim, Pak, termasuk bensin,” jelasnya.

Ia juga menyinggung bahwa Prabowo pernah menjadi Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).
“Mungkin Bapak sedikit agak lupa untuk saya bisa sedikit ingatkan karena bapak pernah jadi Ketua HKTI. Pak, data petani kita tidak pernah beres,” lanjut Ganjar.(Sumber)