News  

Saling Jawab Cak Imin dan Ridwan Kamil Soal Tukang Becak Tak Bisa Nikmati Jalan Tol

Pembangunan jalan tol yang gencar dilakukan pemerintah mendapatkan kritikan dari Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Ia menilai jalan tol tidak bisa dinikmati oleh tukang becak.

Melihat kritikan tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka, Ridwan Kamil, langsung pasang badan.

Cak Imin Kritik Pembangunan Jalan Tol: Tukang Becak Enggak Bisa Menikmati
Cak Imin menilai pembangunan jalan tol hanya menguntungkan para pengguna mobil saja. Sedangkan tukang becak tidak bisa ikut menikmatinya.

“Ini kan yang dibangun jalan tol, ya enak bagi yang punya mobil. Kemarin saya ketemu tukang becak, tukang becak bilang ‘saya bayar pajak pajaknya dibikin bangun tol, lah kok saya enggak bisa menikmati tol’,” kata Cak Imin dalam acara silaturahim Majelis Taklim se- Kabupaten Bekasi di GOR PGRI, Jawa Barat, Senin (18/12).

Cak Imin menegaskan pembangunan harus berlandaskan keadilan. Untuk itu, kata Cak Imin, setiap pembangunan harus mendengarkan seluruh aspirasi masyarakat.

Ridwan Kamil Tanggapi Kritikan Cak Imin

Ridwan Kamil merespons kritik yang dilontarkan Cak Imin terkait pembangunan jalan tol yang tidak bisa dinikmati oleh tukang becak. Ia mengatakan tukang becak tetap mendapatkan dampak positif adanya jalan tol.

“Mang becak mudik naik bus lewat tol 2 jam ketimbang jalur normal 7 jam, Mang becak lebih bahagia,” kata Ridwan Kamil mengomentari unggahan kumparan terkait kritikan Cak Imin mengenai pembangunan jalan tol, Senin (18/12).

Selain itu, Ridwan Kamil menjelaskan jalan tol juga bisa menekan harga kebutuhan pokok. Kondisi itu berdampak baik bagi peningkatan kinerja pedagang kecil, seperti warteg.

“Jalan tol, kiriman sembako lebih cepat dan sampai tujuan, harga lebih murah, makan di warteg mang beca lebih terjangkau,” ujar Ridwan Kamil.

“Dan ribuan kegiatan ekonomi lainnya yang jadi lebih cepat membuat extra waktu untuk membuat lebih banyak berkegiatan, pertumbuhan ekonomi meningkat,” tambahnya.

Balasan Cak Imin ke Ridwan Kamil
Cak Imin membalas kritikan Ridwan Kamil. Menurut Cak Imin, kritik Ridwan Kamil itu kurang tepat sasaran.

“Terima kasih Kang @RidwanKamil saya cuma menceritakan masyarakat yang mengeluh ke saya. Dan lebih bijak jika konteks pernyataannya disimak secara lengkap, jangan cuma berita sepotong,” balas Cak Imin melalui akun Instagramnya @cakiminow, Senin (18/12).(Sumber)