Jonatan Christie dan Anthony Ginting Dijagokan Jadi Juara Malaysia Open 2024

Dua tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, masuk dalam daftar pemain yang dijagokan untuk menjuarai Malaysia Open 2024.

Jonatan dan Ginting kompak difavoritakn sebagai penantang gelar turnamen BWF World Tour Super 1000 itu, sebagaimana yang diulas media tuan rumah, The Star.

Ada beberapa hal yang membuat nama mereka menjadi dua di antara enam pemain tunggal putra yang digadang-gadang bakal bersinar pada panggung terbesar turnamen bulu tangkis di Negeri Jiran itu.

Untuk Jonatan, namanya dijagokan karena apa yang telah ditampilkannya pada menjelang akhir tahun 2023 lalu.

Walau mengalami kemorosat tajam saat kalah prematur di Asian Games 2022 sekaligus gagal mempertahankan emas, pemain besutan PB Tangkas itu dianggap langsung mampu bangkit.

Terobosan besar Jonatan adalah ketika ia berhasil menjuarai French Open 2023 yang juga jadi turnamen berlevel tertinggi yang sejauh ini berhasil ia raih.

“Peraih medali emas Asian Games 2018 itu memang mendapat hasil mengecewakan di Hangzhou, tetapi berhasil bangkit kembali dengan kuat untuk meraih gelar juara French Open 2023, seiring dengan keberhasilannya juara di Hong Kong Open 2023 dan Indonesia Masters 2023 sebelumnya,” demikian ulasan The Star.

“Jonatan mampu mengalahkan siapapun pada hari performa terbaik dia dan yang paling teringat adalah saat mampu memberikan ketakutan besar terhadapn (Viktor) Axelsen di semifinal Malaysia Open 2022, sebelum akhirnya kalah tiga gim.”

“Dia akan jadi kartu truf lagi bersama Ginting selaku kompatriotnya.”

Sedangkan Ginting, dinilai pantas jadi salah satu penantang gelar adalah karena kemampuannya yang mampu bangkit saat terpuruk sejak pertengahan lalu karena meninggalnya mendiang sang ibu.

Aspek mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk mampu bisa berada kembali di jalur kemenangan. Dan Gintin, tahun lalu berhasil membuktikannya.

“Anthony menderita kemerosotan dalam pada Agustus lalu setelah sang ibunda tiada,” demikian The Star mengulas.

“Tetapi ia mampu menampilkan performa terbaiknya pada BWF World Tour Finals saat ia mampu mengandaskan Shi Yu Qi (China) dan Kodai Naraoka (Jepang) di babak grup.”

“Dua kemenangan itu memang tidak cukup membuat dia lolos ke semifinal setelah dia kalah di laga grup ketiga melawan Axelsen.”

“Tetapi, dia sudah membuktikan bahwa dia bisa menjadi penantang gelar di Malaysia nanti.”

“Meskipun dibayangi dengan kesulitan, Anthony berhasil membawa pulang gelar Singapore Open 2023 dan jadi runner-up Indonesia Open 2023.

Selain Jonatan dan Ginting, empat pemain lainnya juga dijagokan untuk jadi penantang gelar pada Malaysia Open 2024 nanti.

Mereka adalah Viktor Axelsen (Denmark), Shi Yu Qi (China), Li Shi Feng (China) dan Kodai Naraoka (Jepang).(Sumber)