MotoGP  

Data & Fakta Menarik MotoGP Mugello, Italia Yang Wajib Diketahui

data dan fakta MotoGP Italia

RadarAktual.com – Data dan fakta MotoGP Italia. Akhir pekan ini, ajang balap MotoGP akan segera memasuki seri ke 6 yang akan digelar di sirkuit Mugello, Italia. MotoGP Italia ini akan menjadi balapan kandang bagi beberapa pembalap, termasuk pembalap Yamaha, Valentino Rossi.

Performa Rossi yang buruk pada GP Prancis kemarin, tentu tak ingin kembali terjadi pada MotoGP Mugello kali ini. The Doctor yang gagal meraih poin usai mengalami crash di lap terakhir menjelang garis finish, menjadikan pembalap berusia 38 tahun ini harus merosot ke peringkat 3 klasemen.

Selain itu, musim lalu Rossi memiliki kenangan buruk di balapan kandangnya tersebut. Anak dari Graziano Rossi ini tahun lalu juga gagal di Mugello setelah motornya mengalami masalah di tengah lomba yang mengharuskan The Doctor masuk kandang lebih cepat dan gagal meraih poin.

Sebelum kita sama-sama menyaksikan MotoGP Italia ini, ada baiknya kita simak dulu Data & Fakta MotoGP Mugello yang kami kutip dari situs resmi MotoGP berikut ini.

  1. Sirkuit Mugello pertama kali menggelar balapan pada 1976 di kelas tertinggi 500cc. Seri perdana di Mugello dimenangkan Barry Sheene.
  2. MotoGP Italia 2004 di sirkuit Mugello menjadi balapan dengan durasi terpendek. Pada saat itu terjadi hujan deras sehingga balapan dihentikan dan hanya 6 lap. Ketika itu, Rossi yang keluar menjadi juara.
  3. Yamaha menjadi tim pabrikan tersukses. Rossi meraih juara di musim 2004 hingga 2008 dan Jorge Lorenzo tampil menjadi juara pada 2011 sampai 2013.
  4. Ducati memiliki catatan buruk di sirkuit kandang mereka ini. Ducati tercatat baru satu kali meraih juara yakni pada 2009 melalui pembalapnya, Casey Stoner.
  5. Valentino Rossi menjadi pembalap paling sukses di Mugello dengan berhasil juara 9 kali di semua kelas.
  6. Selain itu, The Doctor menjadi pembalap dengan raihan pole position terbanyak di Mugello yakni 6 kali.
  7. Musim lalu, balapan dimenangkan oleh Jorge Lorenzo yang disusul oleh Marc Marquez dan Andrea Iannone.