Sosok Rexy Mainaky, Legenda Bulutangkis Indonesia Yang Antar Malaysia, Thailand Hingga Inggris Mendunia

KISAH Rexy Mainaky, legenda bulu tangkis Indonesia yang antar bulu tangkis Malaysia, Thailand, hingga Inggris mendunia patut untuk diulas. Sebab, hal itu membuktikan tangan dinginnya.

Bukan rahasia umum lagi jika legenda bulu tangkis Indonesia, Rexy Mainaky kini adalah seorang pelatih sektor ganda untuk federasi bulutangkis Malaysia (BAM). Rexy resmi ditunjuk oleh BAM sebagai pelatih sejak tahun 2021.

Rexy Mainaky

Namanya memang seakan melekat dengan bulu tangkis Malaysia. Sebab, Rexy juga sempat melatih di BAM selama tujuh tahun pada 2000-an. Dia langsung banting setir menjadi pelatih setelah pensiun sebagai pemain.

Di awal karier kepelatihannya, Rexy menangani pasangan ganda campuran asal Inggris, Gail Emms/Nathan Robertson. Dia berhasil mengantar anak asuhnya meraih medali perak di Olimpiade Athena 2004 dan menjadi juara All England 2005 dan Kejuaraan Dunia 2006.

Pencapaian ini membuat BAM jatuh hati. Dia lalu direkrut untuk melatih di Malaysia. Pasangan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong langsung dibawanya meraih medali emas Asian Games 2006!

Setelah dari Malaysia, peraih medali emas di Olimpiade 1996 ini melatih di Filipina. Namun, dia hanya setahun berada di sana. Rexy lalu memilih pulang ke tanah air dan kemudian menjadi Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI pada 2014.

Beberapa tahun kemudian, Rexy kembali pergi dan memilih Thailand sebagai pelabuhannya berikutnya. Mulai melatih sejak 2017, dia sukses membawa ganda putri Thailand mencapai final Piala Uber 2018 yang mana ini merupakan prestasi tertinggi negara itu di turnamen beregu.

Tidak hanya itu, Rexy juga sukses membawa tim putri Thailand tampil luar biasa di ajang SEA Games 2017 dan 2019. Kemudian, pria berusia 55 tahun itu sukses melahirkan nama-nama pebulutangkis terbaik Thailand seperti halnya Ratchanok Intanon.

Tangan dingin Rexy kemudian membuat BAM jatuh hati untuk kedua kalinya. Dia kembali melatih di Malaysia sejak 2021!

Itu tadi kisah Rexy Mainaky, legenda bulu tangkis Indonesia yang antar bulu tangkis Malaysia, Thailand, hingga Inggris mendunia. Semoga informasi itu berguna bagi pembaca Okezone.(Sumber)