Update Ranking Race to Olympic 2024 Para Pebulutangkis Indonesia Usai Malaysia Open 2024

UPDATE ranking race to Olympic 2024 usai Malaysia Open 2024 telah diketahui. Sejumlah wakil Indonesia sejauh ini yang berada di zona aman masih bertahan seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/Rian Ardianto, dan bahkan Gregoria Mariska Tunjung berhasil naik satu peringkat.

Sekadar diketahui, total peserta tunggal putra dan putri di Olimpiade Paris 2024 masing-masing sebanyak 38 peserta. Sedangkan, total peserta ganda putra, putri, dan campuran yang berhak mengikuti ajang itu adalah 16 pasangan.

Akan tetapi, setiap negara peserta dibatasi untuk mengirim perwakilannya ke Olimpiade Paris 2024. Untuk sektor tunggal, setiap negara harus memiliki dua wakil di peringkat 16 besar Race to Olympic agar bisa mengirim keduanya. Sedangkan di sektor ganda, setiap negara harus mempunyai dua wakil di peringkat delapan besar Race to Olympic untuk bisa mengirim keduanya.

Indonesia masih mempunyai peluang besar untuk mengirim banyak wakil ke Olimpiade Paris 2024. Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie masih berada di zona aman (16 besar Race to Olympic) meski mengalami penurunan satu tingkat. Anthony duduk di ranking tujuh, sedangkan Jojo -sapaan akrab Jonatan Christie- berada di urutan keenam.

Beralih ke sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung naik satu tingkat dari posisi delapan menuju ranking tujuh. Dia berhasil menggeser wakil China, Han Yue setelah mencapai babak perempatfinal Malaysia Open 2024. Gregoria kini telah mengumpulkan total 69,811 poin.

Sementara, Putri Kusuma Wardani harus berjuang lebih keras lagi untuk menggapai zona aman. Dia sekarang bertengger di ranking 29 dengan perolehan 37,164 poin selepas turnamen Malaysia Open 2024

Pada sektor ganda putra, hanya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berada di zona aman (8 besar) Race to Olympic. Keduanya duduk di ranking delapan setelah mengumpulkan 72,819 poin. Sementara, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih harus berjuang untuk masuk ke zona aman.

Bagas/Fikri berada di ranking 10, Leo/Daniel menempati posisi 12, dan Ahsan/Hendra bertengger di urutan 13. Berbicara sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengalami penurunan dua peringkat. Mereka keluar dari zona aman Race to Olympic. Keduanya kini menempati ranking sembilan setelah absen di Malaysia Open 2024.

Sementara itu, pada sektor ganda campuran, tidak ada wakil Indonesia yang menempati ataupun mendekati zona aman. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus berjuang keras untuk masuk ke delapan besar Race to Olympic.

Fajar Alfian/Rian Ardianto

Setelah Malaysia Open 2024, Rinov/Pitha berada turun satu tingkat ke ranking 15, sedangkan Dejan/Gloria melorot dua peringkat ke ranking 18. Masih ada banyak waktu bagi para wakil Indonesia untuk mendulang poin demi poin untuk mengamankan tiket ke Paris 2024. Sebab, babak kualifikasi alias Race to Olympic masih akan berlangsung hingga akhir April 2024.(Sumber)