News  

Desak Anies Bikin Jokowi Panik dan Terdesak

Lagi-lagi pasangan Anies-Muhaimin dijegal. Izin Desak Anies dicabut. Rencananya hari ini (23/1/2024) acara Desak Anies diselenggarakan di Museum Diponegoro Sasana Wiratama, Yogyakarta mendadak dicabut izinnya secara sepihak. Akhirnya, acara Desak Anies dipindahkan ke halaman Kantor AdiTV Sleman, Yogyakarta.

Awalnya, panitia berencana menyelenggarakan acara Desak Anies pada hari Selasa, 23 Januari 2024 pukul 12.30 WIB. Namun, pada Senin, 22 Januari 2024, sekitar pukul 20.00 WIB, akun Instagram @aniesbaswedan dan @ubahbareng mengumumkan pembatalan acara tersebut.

Pencabutan izin acara Desak Anies secara mendadak diduga kuat pesanan pihak tertentu. Sudah bisa ditebak. Siapa lagi kalau bukan yang punya kekuasaan dengan alasan menjaga netralitas TNI. Melalui kaki tangan rezim yang sedang panik akut.

Bukan kali ini saja acara Desak Anies yang tiba-tiba dicabut izinnya. Sebelumnya acara Desak Anies di NTB mengalami hal yang sama. Pencabutan izin acara Desak Anies di Arena Terbuka Taman Budaya Provinsi NTB. Acara akhirnya dipindahkan ke Amanah Food Court.

Pencabutan izin acara Desak Anies di Yogyakarta menambah daftar panjang penjegalan kampanye yang dihadiri Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan.

Setidaknya ada 7 (tujuh) acara termasuk Desak Anies di Yogyakarta yang dihadiri Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan dicabut izin secara mendadak oleh Pemerintah Daerah.

Acara Desak Anies booming. Dialog dua arah secara bebas antara peserta yang didominasi anak muda itu dengan calon presiden yang mengusung perubahan, Anies Rasyid Baswedan. Cocok dengan karakter anak muda; kritis, realistis, dinamis, dan rasa pengen tahu tinggi.

Secara bebas Gen Z dan milenial mengungkapkan kritik, saran dan kegundahan anak muda atas kondisi negara saat ini kepada Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan. Calon presiden yang diusung oleh Partai NasDem, PKB dan PKS ditambah partai pendukung, Partai Ummat dan Partai Masyumi.

Acara yang digandrungi anak muda itu dinilai karena Anies Rasyid Baswedan merupakan satu-satunya calon presiden yang berani berdialog secara terbuka, bebas dan tanpa rekayasa. Bebas mengungkapkan uneg-uneg.

Wajarlah bila rezim terdesak. Panik. Popularitas dan elektabilitas Paslon Anies-Muhaimin dikalangan anak muda terus naik. Jumlah pemilih Gen Z dan milenial di Pilpres 2024 sebanyak 56,45 persen dari total keseluruhan pemilih.

Acara Desak Anies diminati anak muda menyedot perhatian pemilih pemula. Dalam waktu sekejap, ribuan anak muda mendaftar untuk hadir di acara Desak Anies. Potensi limpahan suara bagi Anies-Muhaimin dari Gen Z dan milenial.

Ada upaya sistematis dari rezim yang berkuasa melalui kaki tangannya di daerah-daerah untuk menjegal Paslon nomor 1, Anies-Muhaimin. Rezim terdesak. Jokowi panik akut.

Bandung, 11 Rajab 1445/23 Januari 2024
Tarmidzi Yusuf, Kolumnis