News  

Anies Ingatkan Konsistensi Jokowi Soal Netralitas di Pemilu 2024

Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan, menanggapi permintaan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah agar Presiden Joko Widodo mencabut pernyataannya terkait presiden boleh berkampanye dan memihak.

Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu menagih konsistensi Joko Widodo yang sebelumnya sempat mengungkapkan soal netralitas.

“Kalau menurut saya, yang perlu dilakukan adalah konsisten saja atas apa yang sudah disampaikan presiden sejak beberapa waktu yang lalu. Konsisten itu yang diperlukan,” kata Anies, saat berkampanye di Tegal, Jawa Tengah, Selasa (30/1).

Dia juga menyinggung instruksi Jokowi kepada para pejabat negara untuk tidak memihak, termasuk anggota TNI dan Polri, demi menjaga netralitas.

“Seluruh aparat hendaknya ikut mengawal Pemilu dengan baik, itu yang harus dilaksanakan, ASN netral, TNI netral, polisi netral, itu kan arahan presiden. Maka presiden laksanakan saja arahan itu,” tegas Anies.

Seperti diketahui, PP Muhammadiyah berpendapat, sebagai presiden Jokowi harus menjadi teladan bagi masyarakat, sebagai figur yang selalu taat hukum dan menjunjung tinggi etika dalam penyelenggaraan negara.

“Bagaimana mungkin pendidikan politik masyarakat akan tercapai, jika presiden ikut mempromosikan salah satu kontestan?” kata Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Trisno Raharjo.(Sumber)