Tekno  

Kembangkan AI Tesla, Elon Musk Bakal Beli Chip Buatan AMD

Milyarder pemilik Tesla, Elon Musk berencana membeli chip dari Advanced Micro Devices (AMD) sebagai bagian dari belanja besar-besaran pada perangkat keras komputasi untuk menangani kecerdasan buatan.

Hal itu terungkap setelah Musk mengatakan di platform media sosial X-nya bahwa Tesla akan menghabiskan lebih dari 500 juta dolar untuk perangkat keras Nvidia tahun ini.

Laporan Bloomberg yang dikutip Senin (29/1), ketika milyarder itu ditanya apakah dia juga akan membeli chip dari AMD, Musk menjawab “Ya”.

Pekan lalu Musk mengatakan bahwa Tesla berencana untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS pada upaya yang disebut Proyek Dojo pada akhir tahun 2024.

Dojo mengacu pada superkomputer internal yang dirancang untuk menangani data dalam jumlah besar, termasuk video dari mobil Tesla yang diperlukan untuk membuat sistem otonom. perangkat lunak mengemudi.

Strateginya adalah menggunakan teknologi Nvidia dan upaya lokalnya.

“Kami sedang mengejar jalur ganda Nvidia dan Dojo,” kata Musk saat merilis pendapatan Tesla pada Rabu pekan lalu.

“Tetapi menurut saya Dojo adalah sebuah pilihan yang sulit. Ini adalah sebuah langkah panjang yang layak dilakukan karena potensi imbalannya sangat tinggi,” ujarnya.

Nvidia adalah pemimpin saat ini dalam apa yang disebut akselerator AI, prosesor yang sesuai dengan kebutuhan teknologi yang intensif data, tetapi pesaing seperti AMD mulai memasuki pasar.

AMD meluncurkan jajaran produk yang disebut MI300 bulan lalu yang dikatakan akan mampu menjalankan perangkat lunak AI lebih cepat daripada pesaingnya.(Sumber)