News  

Menteri BUMN Erick Thohir: Vietnam Ingin Tiru Food Estate Jokowi

 Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Vietnam telah menyampaikan keinginannya kepada Presiden Jokowi untuk membuat program food estate seperti di Indonesia.

“Saya kemarin baru ke Vietnam bersama Pak Jokowi. Vietnam bilang, Pak Jokowi saya ingin ikutin Indonesia bikin food estate,” kata Erick di acara PESTA KITA, Memilih Masa Depan, Sabtu (3/1).

 

Erick mengatakan Vietnam sudah swasembada pangan. Makannya food estate yang akan dibuat di Vietnam beda dengan yang ada di Indonesia. Food estate yang akan dibuat di Vietnam itu berupa 1 juta hektare padi bersih, yakni padi yang ditanam secara organik.

“Dia bilang ini buat pasaran Eropa dan Amerika. Mereka sudah berpikir ke sana, padahal mereka baru bisa jadi negara tahun 75. Sedangkan rakyat kita yang jumlahnya makin hari makin banyak, ekonominya makin bagus, perlu makan,” kata Erick.

 

Maka dari itu menurut Erick food estate adalah sebuah keharusan. Proyek lumbung pangan di Indonesia itu diharapkan akan menghasilkan beragam komoditas pangan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia.

 

“Food estate sebuah keharusan, apakah nanti padi, gula, jagung. Itu bagian dari ketahanan ekonomi kita juga. Ini yang kita mau. Kita harus juga berkaca ke negara lain, mereka bisa kita harus bisa,” pungkas Erick

.(Sumber)