News  

Anies Baswedan Hormati Sikap PDIP Yang Siap Oposisi

PDI Perjuangan menyatakan siap menjadi oposisi jika pasangan Capres-cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, memenangkan Pilpres 2024.

Sikap gentle partai berlambang banteng moncong putih itu pun dipuji Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan.

“(PDIP siap oposisi) Baik. Jadi itu sikap yang harus dihormati dan sambil kita menunggu hasil selesai penghitungan seperti apa,” kata Anies usai shalat Jumat di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan, Jumat (16/2).

Anies yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu mengatakan, rakyat akan menerima apapun hasil pemilu ketika proses yang dilakukan berjalan jujur dan adil.

“Karena itu pastikan prosesnya berjalan dengan baik dan bila ada kekurangan-kekurangan laporkan, baik itu ke Bawaslu maupun ke Tim Hukum masing-masing,” jelas Anies.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan, partainya siap menjadi oposisi di luar pemerintahan dan parlemen, untuk menjalankan tugas check and balances.

Hasto mengatakan, berada di luar pemerintahan adalah suatu tugas patriotik dan pernah dijalani PDI Perjuangan pasca-Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.(Sumber)