News  

Harta Rp. 1,19 Triliun, Mentan Andi Amran Gelar Nikahan Mewah Anaknya 12 Jam Non Stop Artis Ibukota

Pernikahan mewah dan megah anak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman, menyita perhatian warganet.

Pasalnya, saat ini harga beras di Indonesia terus mengalami kenaikan dan mencekik perekonomian rakyat. Kementerian Pertanian pun menjadi salah satu lembaga yang sangat disorot di tengah karut-marut tersebut.

Dilihat di akun Instagram-nya, Andi Amar tampak memamerkan pernikahan mewahnya dengan label royal wedding.

“12 jam wedding nonstop artist Ibu Kota: 2 local band – 7 artist ternama,” tulisnya, dikutip pada Selasa (27/2/2024).

Memang setidaknya ada 4 nama penyanyi terkenal yang hadir di acara pernikahan tersebut, seperti Tiara Andini, Tulus, Gigi, sampai Fiersa Besari. Ditambah dengan dekorasi mewah serta banyaknya tamu yang hadir, tentu bisa dibayangkan seberapa besar pengeluaran untuk pesta pernikahan tersebut.

Namun, sepertinya dana penyelenggaraan pesta pernikahan mewah bukan hal sulit untuk keluarga mempelai. Sebab selain menjabat sebagai Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman juga dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses dari Sulawesi.

Bahkan sepertinya Andi Amran Sulaiman termasuk salah satu menteri Presiden Joko Widodo yang paling kaya raya. Tak main-main, harta kekayaannya per 19 Desember 2023 adalah sebesar Rp1,19 triliun.

Dikutip dari LHKPN-nya, aset terbesar ayah Andi Amar itu adalah berupa Surat Berharga dengan nilai total Rp828,29 miliar.

Lalu selain itu, Andi Amran Sulaiman juga menyimpan harta kekayaannya dalam bentuk tanah dan bangunan senilai Rp270,29 miliar.

Terdapat 59 bidang tanah yang dilaporkan sebagai miliknya dan tersebar di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Bone, serta Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan. Sebagian besar tanah dan bangunannya diakui sebagai hasil sendiri.

Isi garasi Andi Amran Sulaiman juga sangat mentereng, yakni berupa 9 mobil mewah dengan nilai total Rp15,97 miliar. Terpantau terdapat Mercedes Benz Maybach S-Class hingga Hummer Jeep di dalam garasi sang menteri.

Lalu terdapat pula harta bergerak lainnya sebesar Rp2,82 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp98,92 miliar, serta harta lainnya senilai Rp38,52 miliar. Namun Andi Amran Sulaiman mengaku masih memiliki utang sebesar Rp24,68 miliar.

(Sumber)