Kisah Marc Marquez Tersenyum Lebar Usai Sprint Rave MotoGP Qatar 2024

– Marc Marquez tersenyum lebar usai menjalani Sprint Race MotoGP Qatar 2024. Bukan hasil akhir, tetapi ada hal lain yang membuat wajahnya kembali ceria seperti sedia kala.

Marquez tampil cukup impresif sepanjang pekan balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Losail, Losail. The Baby Alien finis kelima pada Sprint Race yang digelar Sabtu 9 Maret 2024 malam WIB.

Marc Marquez bersaing dengan Pedro Acosta pada balapan MotoGP Qatar 2024 (Foto: Reuters/Ibraheem Al Omari)

Lalu, pada balapan utama, Senin 11 Maret 2024 dini hari WIB, Marquez finis di posisi empat. Hasil itu jauh lebih bagus dari posisinya saat start yakni urutan enam.

Usai Sprint Race, Marquez terlihat tersenyum lebar. Pembalap tim Gresini Racing itu lalu bicara soal seperti apa perasaan gembira yang hinggap setelah cukup lama hilang.

baca juga:

MotoGP Qatar 2024: Gagal Naik Podium, Marc Marquez Tak Merasa Frustrasi
“Ada senyuman karena saya bertarung dengan para pembalap top di Qatar, yang merupakan sirkuit di mana biasanya saya sangat jauh di tahun-tahun sebelumnya,” ucap Marquez, sebagaimana dimuat laman resmi MotoGP, Selasa (12/3/2024).

“Saya berada di sana bertarung dengan para pembalap papan atas, dan bahkan sempat menyalip mereka di salah satu bagian balapan,” sambung pria berusia 31 tahun itu.

Ya, Marquez memang kesulitan dalam dua musim terakhir saat balapan di Qatar. Pada 2022, ia harus puas finis di posisi lima. Sementara itu, pada 2023, pembalap asal Spanyol tersebut menyelesaikan lomba di posisi 11!

Hal itu tidak terlepas dari kinerja motor Honda RC213V tunggangannya yang bisa dibilang payah. Hal itu pula yang menyebabkan Marquez akhirnya memutuskan hengkang dari Repsol Honda ke Gresini Racing yang menggunakan motor Ducati Desmosedici GP.

Marc Marquez tersenyum di garasi tim Gresini Racing pada MotoGP Qatar 2024 (Foto: MotoGP)

Kendati hanya tim independen dan menggunakan motor edisi lawas, Marquez ternyata bisa kompetitif. Ia memang belum bisa membendung Jorge Martin (pemenang Sprint Race) dan Francesco Bagnaia (pemenang balapan) yang mengendarai motor Ducati Desmosedici GP24.

Akan tetapi, level kompetitif itu yang diinginkan Marquez saat memutuskan hengkang. Semoga performa itu berlanjut pada seri kedua MotoGP 2024, GP Portugal, yang akan berlangsung 22-24 Maret mendatang di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao.