Meutya Hafid Kokoh Sebagai Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Februari 2024

Ketua Komisi I DPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Opini (MPO) DPP Partai Golkar, Meutya Hafid bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode Februari 2024. Meutya Hafid bertahan pada posisi puncak dari periode sebelumnya sebagai politisi perempuan Partai Golkar terpopuler. .

Mengenai kategori politisi perempuan terpopuler, kami mengangkat hal ini karena merasa dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan Partai Golkar mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami redaksi Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Februari 2024 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar. Untuk periode Februari 2024, Meutya Hafid memiliki sebanyak 743 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 4,5 juta jangkauan.

Nama Meutya Hafid banyak tersorot atas pernyataannya mengenai tanggapannya tentang film ‘Dirty Vote’ yang tayang di Youtube di masa tenang Pemilu 2024. Kemudian ada pula berita tentang Meutya Hafid yang mendampingi Presiden Jokowi dalam agenda peresmian Tol Danau Toba.

Cerita Meutya Hafid mengenai kedekatannya dengan Mayor Teddy yang diungkapkan melalui postingan instagram dan ditulis oleh beberapa media online juga menjadi sorotan pemberitaan populer pemberitaan tentangnya di bulan Februari 2024. Selanjutnya pendapat Meutya Hafid tentang faktor yang membuat suara Partai Golkar naik di Pemilu 2024 juga menjadi pemberitaan yang populer.

Di posisi kedua ada nama Ketua Umum PP KPPG yang juga calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany. Pada periode Februari 2024 Airin Rachmi Diany memiliki 445 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 2,3 juta reach.

Pemberitaan mengenai Airin Rachmi Diany antara lain kegiatannya saat mencoblos di TPS 28 Tangsel bersama suaminya Tubagus Chaeri Wardana, dan anak perempuannya, Ratu Ghefira Marhamah. Berita lainnya adalah mengenai menangnya Ganjar-Mahfud di tempat Airin mencoblos, kemenangan mutlak Airin Rachmi Diany sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar di tempatnya mencoblos, dan proyeksi keunggulan Airin berdasar Sirekap KPU.

Ada pula pemberitaan mengenai Airin yang menyambut Hari Pers Nasional. Dalam momentum tersebut Airin menegaskan bahwa insan pers telah menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam menyuarakan kebenaran, menyebarkan kebaikan, dan mencerdaskan bangsa.

Di posisi ketiga ada nama Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Untuk periode Februari 2024, Tatu yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten ini mendapatkan pemberitaan sebanyak 230 berita dari berbagai media online. Pemberitaan tersebut menghasilkan reach sebesar, 466.674 jangkauan.

Beberapa berita yang mendorong popularitas Ratu Tatu Chasanah pada periode Februari 2024 ini antara lain adalah mengenai raihan Baznas Award 2024 yang diraih untuk ketiga kalinya oleh Ratu Tatu Chasanah. Tak hanya penghargaan Baznas Award, di Februari 2024 ia juga mendapatkan penghargaan PWI Award dalam kategori bidang kebudayaan.

Pemberitaan lainnya mengenai Ratu Tatu Chasanah adalah terkait kabar unggulnya Prabowo-Gibran di TPS tempat ia mencoblos. Kemudian permintaan Ratu Tatu kepada warga agar tak menolak pembangunan TPST karena darurat sampah yang terjadi di Kabupaten Serang.

Di posisi keempat ada nama Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Pada periode Februari 2024, Hetifah Sjaifudian memiliki pemberitaan sebanyak 166 berita pada berbagai media online. Dengan pemberitaan sebanyak itu, reach yang dicapai oleh berita mengenai Hetifah adalah sebesar 932.364 jangkauan.

Berita mengenai perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini antara lain terkait usulan Hetifah kredit bagi mahasiswa untuk membayar UKT alih-alih menggunakan pinjaman online. Kemudian ada pemberitaan tentang pernyataan Hetifah jika dalam membuat kebijakan, politisi menggunakan konsolidasi suara masyarakat.

Demikian 4 besar tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar yang masuk dalam jajaran terpopuler dengan indikator publisitas pemberitaan selama periode tertentu. Dengan terangkumnya empat besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Februari 2024, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Tokoh dan Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Februari 2024

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar
743 Pemberitaan
Reach: 4,5 juta jangkauan

Airin Rachmi Diany
Ketua Umum KPPG
Fungsionaris Partai Golkar
445 Pemberitaan
Reach: 2,3 juta jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Bupati Serang
230 Pemberitaan
Reach: 466.674 jangkauan

Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
166 Pemberitaan
Reach: 932.364 jangkauan {golkarpedia}