Tekno  

Ini 5 Akun Instagram Yang Wajib Diikuti Untuk Tahu Informasi Seputar Mudik Lebaran

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama umat Islam, melakukan mudik setiap tahunnya untuk merayakan Idul Fitri/Lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman. Namun, perjalanan mudik bisa saja terkendala karena berbagai faktor. Misalnya seperti kondisi lalu lintas atau delay waktu keberangkatan.

Oleh karena itu, pemudik tetap perlu memantau informasi seputar mudik lebaran untuk merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan dapat menghindari hal-hal yang berpotensi menghambat perjalanan mudik.

Tidak hanya melalui televisi atau radio, pemudik juga bisa memantau informasi lewat media sosial seperti Instagram. Berikut lima akun Instagram yang perlu diikuti pemudik untuk mengecek berbagai informasi seputar mudik lebaran.

1. Akun NTMC Korlantas Polri

NTMC (National Traffic Management Center) Korlantas Polri adalah institusi kepolisian RI yang bertugas untuk membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas.

Mengutip dari korlantas.polri.go.id, tugas-tugas tersebut meliputi memberikan edukasi kepada masyarakat terkait lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi beserta kendaraannya, penegakkan hukum terkait lalu lintas, dan pengkajian masalah lalu lintas serta melakukan patroli jalan raya.

NTMC Korlantas Polri memiliki akun Instagram dengan username @korlantaspolri.ntmc. Melalui akun tersebut, masyarakat dapat mengecek informasi tentang arus mudik lebaran, program mudik gratis, kontak layanan pengaduan lalu lintas, dan tips mudik.

2. Akun Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merupakan kementerian yang bertugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang transportasi, baik itu transportasi darat, laut maupun udara.

Kemenhub memiliki akun Instagram dengan username @kemenhub151. Kemenhub aktif membagikan beragam informasi seputar transportasi publik di Instagram, termasuk informasi terkait layanan transportasi untuk mudik.

Masyarakat bisa mengecek informasi tentang program mudik gratis, progres kerja Kemenhub untuk persiapan mudik lebaran, dan konten seputar transportasi umum.

3. Akun Jasa Marga

Jasa Marga merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pengembang dan operator jalan tol. Jasa Marga memiliki akun Instagram resmi yakni @official.jasamarga.

Pemudik yang akan bepergian menggunakan jalan tol sebaiknya mengikuti akun Instagram Jasa Marga karena akun tersebut membagikan berbagai informasi seputar layanan jalan tol selama mudik lebaran.

Misalnya seperti jadwal pelaksanaan rekayasa lalu lintas jalan tol, informasi tarif tol, daftar Rest Area yang menyediakan SPKLU untuk pengguna mobil listrik, aturan operasional angkutan barang pada ruas jalan tol selama Idul Fitri, dan kontak layanan lalu lintas jalan tol.

4. Akun Kereta Api Indonesia (KAI)

Jika Anda mudik menggunakan kereta, sebaiknya Anda mengikuti akun Instagram Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengetahui informasi terkait layanan kereta api di Indonesia. Username akun Instagram resmi KAI yakni @kai121_.

Lewat akun tersebut, Anda bisa mengecek informasi seputar mudik lebaran menggunakan kereta, sarana baru kereta, layanan KAI Logistik, dan informasi lainnya terkait layanan kereta.

KAI juga mencantumkan kontak email dan nomor telepon layanan pelanggan di bio Instagram agar penumpang bisa langsung menghubungi KAI jika mengalami kendala dengan layanan kereta api selama mudik.

5. Akun Media Berita

Meskipun kebanyakan orang libur selama lebaran, awak media tetap bekerja untuk memberitakan kegiatan mudik lebaran agar masyarakat tetap bisa mendapatkan informasi yang aktual dan terpercaya.

Biasanya media akan memberitakan tentang arus mudik lebaran, update harga tiket transportasi publik, tarif jalan tol, posko keamanan mudik lebaran, tips mudik, dan informasi lainnya yang berhubungan dengan mudik lebaran.

Anda bisa mengikuti akun Instagram media berita apapun asalkan media tersebut kredibel, punya reputasi yang baik, dan sebaiknya sudah resmi terdaftar di Dewan Pers.

Itulah 5 akun Instagram yang perlu Anda ikuti untuk mengecek informasi seputar mudik lebaran. Jangan sampai ketinggalan informasi selama mudik!

(Sumber)