Tekno  

Platform Streaming Musik Spotify Luncurkan Fitur AI Playlist

Platform streaming musik Spotify mulai menguji coba fitur playlist yang dibuat oleh kecerdasan buatan berdasarkan perintah teks.

Dikutip dari Engadget, Selasa (9/4), fitur beta baru yang disebut AI Playlist memungkinkan pengguna membuat daftar putar dengan beberapa kata yang sesuai dengan yang diinginkan, seperti “playlist folk indie untuk memberikan pelukan hangat pada otak saya.”

Menurut Spotify, playlist AI akan menerima perintah yang melibatkan hal-hal seperti hewan, karakter film, warna, tempat, aktivitas, dan emoji.

Contoh dari perintah yang diterima seperti kata “musik sedih untuk melukis bunga yang layu” hingga “musik santai yang menenangkan saya”.

Untuk sementara AI Playlist beta tersedia bagi pelanggan premium di perangkat Android dan iOS wilayah Inggris dan Australia. Mengaksesnya cukup mudah, hanya dengan menekan tombol “+” di kanan atas perpustakaan lalu klik AI Playlist dan pilih prompt yang ada atau buat sendiri.

Spotify kemudian akan membuat daftar putar. Pengguna dapat meninjau, menghapus lagu, dan memberikan catatan. Setelah puas, klik “Buat”, yang secara otomatis akan menyimpan lagu-lagu terpilih ke perpustakaan.

AI Playlist hadir setahun setelah Spotify meluncurkan AI DJ -nya, yang mengumpulkan pilihan musik yang sedang didengarkan, putar sebelumnya, dan lagu-lagu yang kira-kira disukai pengguna.(Sumber)