Tekno  

Bukan Lagi di China, Apple Mulai Produksi iPhone Baru di India?

Apple disebut-sebut sedang begitu serius memulai rencananya untuk memproduksi perangkat di India. Selama beberapa waktu lalu, Apple melakukan produksi iPhone di China.

Sebelumnya, Apple dilaporkan telah mengumpulkan angka produksi iPhone sebesar 14 miliar dolar AS di India. Investasi ini meningkat berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan periode lalu.

Dilansir dari GSM Arena, laporan terbaru menyebut jika satu dari tujuh perangkat iPhone kini dibuat di India. Angka ini sekitar 14 persen dari total output yang ada.

Apple dipastikan sudah memindahkan beberapa produksi perangkatnya ke India. Hal ini menyusul ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan China beberapa waktu lalu.

Beberapa sumber lokal menyebut bahwa Foxconn mengumpulkan hampir 67 perse dari total dengan 17 persen lebih banyak diproduksi oleh Pegatron dalam periode dua belas bulan dan berakhir pada Maret 2024.

Selain itu, unit iPhone yang tersisa lalu dibuat di pabrik Wistron yang berada di negara bagian Karnataka. Perusahaan tersebut baru saja diakuisisi oleh Tata Group.

Lebih lanjut, pejabat pemerintah menyebut bahwa pertumbuhan manufaktur iPhone sudah menciptakan 150.000 pekerjaan langsung. Pemindahan produksi iPhone dari China ke India ini rupanya memberi hal positif untuk negara tersebut.

Sayangnya, belum diungkap dengan pasti mengenai perangkat iPhone apa yang diproduksi oleh Apple di India. Pasalnya, hingga saat ini, perusahaan tersebut masih melakukan produksi di China.

(Sumber)