Tekno  

CEO Apple, Tim Cook Kucurkan Investasi Rp. 1,6 Triliun Untuk 4 Kota di Indonesia

CEO Apple Tim Cook baru saja tiba di Indonesia untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan mereka ini akan membicarakan investasi Apple di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kalau kedatangan Tim Cook di Indonesia untuk menanamkan investasi berupa Apple Developer Academy, fasilitas pelatihan milik Apple.

Hal ini dilakukan Apple untuk memenuhi nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang mana itu menjadi syarat untuk menjual produk seperti iPhone, iPad, hingga Macbook Apple di Indonesia.

“Apple itu salah satu pendekatan yang sangat unik yang kita ambil untuk menghitung TKDN. Itu berdasarkan investasi, dan investasi mereka itu adalah membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer, namanya Apple Developer Academy,” kata Agus Gumiwang di Istana Negara, Rabu (17/4/2024).

“Nah ini sudah dalam perjanjian kita, yang sudah kita tandatangani. Apple memiliki kewajiban untuk membangun empat tahun ini,” lanjut dia.

Dijelaskan Agus, Apple Developer Academy keempat ini akan dibangun di Bali. Rencananya, salah satu lokasi yang dipakai adalah Balai Kemenperin yang berada di Pulau Dewata itu.

“Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari empat kota nanti, tiga plus satu di Bali,” lanjut dia.

Selain itu, Agus juga akan menggandeng Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi untuk melobi Tim Cook untuk membangun Apple Developer Academy di luar Jawa. Dia ingin ada dua fasilitas lagi yang salah satunya dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sekarang ada di Batam, Surabaya, Tangsel (Tangerang Selatan), dan Bali. Kami akan mengarahkan di timur satu, Makassar dan IKN ya untuk Apple Developer Academy,” jelasnya.

(Sumber)