Wisata  

Taman K: Destinasi Wisata Baru Ala Korea di Pandaan, Pasuruan

Masih belum ada rencana liburan akhir pekan mau ke mana? Bagi warga Malang dan Surabaya mari merapat! Ada sebuah destinasi baru di Pasuruan yang bernama Taman K. Baru dibuka pada 2 Februari 2024, destinasi ini berlokasi di Desa Duren Sewu KM 3, Klagen, Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Dengan akses jalan tol, Taman K hanya berjarak kurang lebih satu jam baik dari Surabaya atau Malang. Ini juga bisa jadi alternatif healing dari penatnya hiruk pikuk kota loh.

Menariknya, taman K adalah destinasi yang dibuat ala Korea. Beberapa komponen bangunan bahkan didatangkan langsung dari Korea. Jadi dipastikan vibes Korea akan sangat melekat di tempat ini. Selengkapnya, simak ulasan berikut ya.

Harga Tiket Masuk

Paviliun Donginjae di Taman K Pasuruan [Instagram/taman__k]
Paviliun Donginjae di Taman K Pasuruan [Instagram/taman__k]

Di awal pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga 25 ribu di weekday dan 35 ribu di weekend. Anak-anak dikenakan biaya yang sama kecuali untuk anak usia maksimal 1 tahun. Ini hanya tiket masuk melewati gerbang utama, belum untuk masuk ke tempat-tempat lain.

Dengan harga tersebut pengunjung mendapatkan fasilitas berkeliling menggunakan e-car di seluruh kompleks Taman K. Sedangkan kendaraan diparkir di tempat yang disediakan dan dikenakan biaya parkir 10 ribu untuk roda empat. Taman ini bisa dikunjungi mulai pukul 9.00 hingga 17.00.

Korean Hanok

Paviliun utama Yeonginru di Taman K Pasuruan [Dok. pribadi/Dea Pristotia]
Paviliun utama Yeonginru di Taman K Pasuruan [Dok. pribadi/Dea Pristotia]

Saat pertama masuk, pengunjung akan disuguhkan kemegahan bangunan khas Korea yang disebut dengan ‘Yeonginru’. Ini merupakan hanok (bangunan tradisional Korea) berbentuk paviliun yang dibangun menghadap rerumputan yang sangat luas. Sesuai namanya, ‘Yeonginru’ berarti penyambutan. Inilah mengapa diletakkan di bagian depan dan terlihat oleh setiap pengunjung yang baru datang.

Selain itu ada hanok lain yang diberi nama ‘Donginjae’ dan ‘Hyangwonjeong’. Berupa paviliun yang lebih kecil daripada ‘Yeonginru’. Di jam-jam tertentu, Taman K mengadakan ‘Korean Hanok Tour’. Tur 3 hanok tersebut dipatok dengfan harga 200 ribu rupiah.

Menariknya di tempat ini juga menyewakan hanbok atau pakaian tradisional khas Korea. Harga sewa hanbok di Taman K adalah 100 ribu rupiah untuk dewasa dan 75 ribu rupiah untuk anak-anak (selama 30 menit). Perlu diketahui, hanya penyewa hanbok yang boleh memasuki area hanok.

Tempat Makan

Hidangan di C&C cafe di Taman K Pasuruan [Instagram/taman__k]
Hidangan di C&C cafe di Taman K Pasuruan [Instagram/taman__k]

Tidak perlu khawatir jika ingin menghabiskan seharian penuh di tempat ini karena tersedia berbagai pilihan makanan dan camilan. Ada C&C Pandaan, sebuah cafe di area taman K yang menjual berbagai croissant dan coffee. Cafe ini menghadap lapangan kecil dengan beberapa kuda dan ‘Hyangwonjeong’ yang merupakan paviliun yang menghadap ke danau kecil.

Bagi yang menyukai makanan berat dengan menu nusantara, ada Latar Ayem yang siap memanjakan perut pengunjung. Berbagai pilihan menu makanan seperti iga penyet, nila bakar, nasi lodeh, nasi kare, dan masih banyak lainnya. Untuk minuman, menyediakan pilihan yang lebih variatif mulai dari es dawet, wedang rempah, lemon tea, es kopi, hingga red velvet.

Untuk penggemar K-food, penunjung bisa merasakan masakan korea di cafe yang terletak di bawah area waterslide. Cafe tersebut menjual tteokbokki, kimbab, odeng, corn dog, ramyeon, jjajangbab, japchae mandu, dan lain-lain.

Daftar Harga dan Aktivitas

Trampoline di Taman K Pasuruan [TamanK]
Trampoline di Taman K Pasuruan [TamanK]

Ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan di Taman K, mulai dari aktivitas indoor hingga outdoor. Berikut adalah daftar aktivitas beserta harganya.

  • Waterslide dan kolam renang 75.000
  • Indoor Playground 50.000
  • Trampoline 50.000
  • Horse Riding 50.000
  • Glamping Couple 900.000
  • Glamping Family 1.300.000

Selain harga tersebut ada juga ada harga khusus yang diperuntukkan untuk kegiatan berkelompok seperti supercamp, corporate gathering, hingga wedding party. Aktivitas untuk kelompok juga tersedia di Taman K seperti paintball war gameoutbound package, dan edufarm package.

Waterslide Experience

Waterslide di Taman K Pasuruan [TamanK]
Waterslide di Taman K Pasuruan [TamanK]

Saat mengunjungi Taman K, saya berfokus mencoba waterslide dan kolam renang anak. Ini diklaim sebagai waterslide tertinggi di Jawa Timur. Tingginya adalah 68 feet atau setara kurang lebih 20 meter dengan panjang track 100 meter. Harga 75 ribu rupiah sudah termasuk peminjaman loker, handuk bersih, serta lift basah untuk membawa pengunjung yang menaiki waterslide setinggi 20 meter tersebut.

Untuk kolam anak dilengkapi beberapa seluncuran dan ember tumpah. Kolamnya benar-benar aman karena dirancang khusus anak. Untuk usia minimal meluncur di waterslide adalah 12 tahun dan berat badan maksimal 80 kilo. Pengunjung dapat memilih meluncur menggunakan pelampung atau disk.

Ulasan Keseluruhan: Bukan untuk Kaum Mendang-Mending

Glamping di Taman K Pasuruan [TamanK]
Glamping di Taman K Pasuruan [TamanK]

Sebagai orang yang terbiasa dengan tiket terusan, mungkin agak kaget dengan Taman K yang tiap spot permainan harus membayar lagi. Apalagi dengan nominal yang lebih besar daripada tiket utama.

Tapi dibalik harga tiket yang melangit sebenarnya Taman K menawarkan pelayanan yang sangat memuaskan. Pegawainya ramah dan memberikan informasi secara lengkap. Apalagi mengingat pemilik Taman K adalah orang Korea asli. Mungkin saja pemilik telah terbiasa dengan harga terbaik untuk kualitas terbaik. Jadi memang target pasar Taman K sepertinya bukan untuk kaum mendang-mending ya. Untuk main di sana harus siapkan dana ya! Bagaimana, tertarik mencoba?