News  

Refly Harun Sindir Anies Baswedan: Ketika Value Tak Ada Lagi, Anda Seperti Zombie!

Praktisi hukum tata negara Refly Harun kembali menyindir mantan Capres Anies Baswedan yang tak akan punya value atau nilai jika gabung pemerintahan.

Sebelumnya, Refly Harun juga pernah menyebut Anies Baswedan sebagai penghianat kalau sampai masuk pemerintahan.

“Saya kan sudah diklair kalau mereka gabung pemerintahan, penghianat mereka. Saya katakan, ya kan saya sudah katakan itu di TV dan sudah viral di mana-mana, penghianat. Tapi jangan marah mereka, karena anda berharga karena valuenya,” ujarnya dalam wawacancara yang diunggah kalan YouTube Komisidotco, seperti dilihat pada Senin (6/5/2024).

Dia kemudian mengibaratkan orang yang tidak punya nilai mirip seperti zombie berjalan, tak berharga lagi.

“Anda man of value. Ketika value nggak ada lagi, anda seperti bangkai saja jalan. Zombie tapi nggak ada value-nya manusia yang gak ada value-nya akan seperti zombie,” katanya.

Menurutnya, Anies bisa tetap menjadi man of value dengan terus memperjuangkan perubahan. Caranya dengan berada di luar pemerintahan.

Sedangkan bergabung dengan pemerintahan berarti tidak mengakui adanya kecurangan dalam pemilu.

“Bahkan saya katakan, kalau pemilu ini kita katakan curang securang-curangnya dan MK (Mahmakamah Konstitusi) itu tidak dikabulkan bukan karena kita nggak ada argumentasi, tapi karena ada melipir di sana. Maka yang terjadi adalah doktrin awal tetap sahih, yaitu haram hukumnya bergabung dengan pemimpin yang menang dengan cara yang curang,” katanya.

“Itu value. Value itu saya kaitkan dengan keimanan yang kuat anda pukul vertikal tidak diawang-awang,” imbuhnya.

Refly Harun kemudian mengingatkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk tidak berhianat dengan tak bergabung bersama pemerintah.

(Sumber)