Reliji  

Baca 5 Doa Ini Agar Kondisi Janin Sehat dan Terhindar Dari Keguguran

Saat memasuki masa kehamilan, Anda pasti pernah khawatir dengan kondisi janin Anda. Doa agar janin sehat dan terhindar dari keguguran merupakan salah satu cara yang baik untuk mengurangi rasa khawatir Anda.

Setiap orang pasti ingin menjalani masa kehamilan yang sehat dan lancar sehingga bayi terlahir dalam keadaan sehat dan sempurna.

Namun, kehamilan tidak selalu lancar. Terkadang ada beberapa permasalahan yang datang seperti sakit, atau bahkan keguguran.

Salah satu artis Indonesia, Nikita Willy, baru saja mengalami hal ini.

Melalui akun Instagram pribadinya pada Senin (19/2/2024), Nikita menyampaikan kabar duka mengenai keguguran calon anak keduanya pada usia kandungan 7 Minggu.

Meski sedang dilanda duka, Nikita tetap memberikan dukungan kepada keluarga yang pernah mengalami keguguran juga.

Kumpulan Doa untuk Kesehatan Bayi

Jika Anda sedang dalam masa hamil, kesehatan fisik dan mental merupakan salah satu hal utama yang harus Anda jaga demi kelancaran masa hamil Anda.

Selain itu, sebagai seorang muslim, Anda juga dapat dengan membaca doa agar janin sehat dan terhindar dari keguguran.

Berikut daftar 5 doa yang dapat Anda baca selama masa hamil:

1. Surat Ar-Ra’d ayat 8

Ada banyak ayat dalam Al-Quran yang dapat dijadikan doa untuk menjaga kesehatan janin. Salah satunya adalah Surat Ar-Ra’d ayat 8 yang bisa dijadikan doa agar janin tidak cacat dan dapat tumbuh dengan baik.

اَللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ اُنْثٰى وَمَا تَغِيْضُ الْاَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُۗ وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهٗ بِمِقْدَارٍ 

“allâhu ya‘lamu mâ taḫmilu kullu untsâ wa mâ taghîdlul-ar-ḫâmu wa mâ tazdâd, wa kullu syai’in ‘indahû bimiqdâr”

Artinya: “Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan apa yang berkurang (tidak sempurna dalam) rahim dan apa yang bertambah. Segala sesuatu ada ketentuan di sisi-Nya.”

2. Surat Al-Fatir ayat 41

Ayat dalam Surat Al-Fatir ini dapat Anda gunakan sebagai bacaan doa agar janin sehat dan terhindar dari keguguran.

 اِنَّ اللّٰهَ يُمْسِكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ اَنْ تَزُوْلَا ەۚ وَلَىِٕنْ زَالَتَآ اِنْ اَمْسَكَهُمَا مِنْ اَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِهٖۗ اِنَّهٗ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرً

“innallâha yumsikus-samâwâti wal-ardla an tazûlâ, wa la’in zâlatâ in amsakahumâ min aḫadim mim ba‘dih, innahû kâna ḫalîman ghafûrâ”

Artinya: “Sesungguhnya Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap. Jika keduanya akan lenyap, tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.”

3. Surat Ali Imran ayat 38

Surat Ali Imran ayat 38 juga dikenal sebagai doa Nabi Zakaria. Selain meminta kesehatan janin, Anda juga dapat membaca doa ini untuk meminta keturunan yang baik.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

“Rabbi hablii milladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’a”

Baca Juga:

Ini Doa agar Bayi Cepat Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel

Artinya: “Ya Tuhan, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.”

4. Zikir Saat Mual

Terkadang, seorang wanita yang sedang hamil akan merasakan sakit dan mual. Jika sedang merasakan hal itu, Anda dapat mengamalkan zikir ini agar diberikan kesehatan dan kekuatan.

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي

“Allaahumma ‘aafinii fii badanii wa ‘aafinii fii sam’ii wa ‘aafini fii basharii.”

Artinya: “Ya Allah, sehatkan badanku, sehatkan pendengaranku, dan sehatkan penglihatanku.”

5. Surat Al Araf ayat 54

Saat masa persalinan, Fatimah RA sempat membaca Surat Al-Araf ayat 54.

Dikisahkan bahwa Rasulullah SAW meminta Ummu Salmah dan Zainab binti Jahsy RA untuk menemani putrinya dan membaca doa agar janin sehat dan terhindar dari keguguran.

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍ ۢ بِاَمْرِهٖٓۙ اَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

“inna rabbakumullâhulladzî khalaqas-samâwâti wal-ardla fî sittati ayyâmin tsummastawâ ‘alal-‘arsy, yughsyil-lailan-nahâra yathlubuhû ḫatsîtsaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujûma musakhkharâtim bi’amrihî alâ lahul-khalqu wal-amr, tabârakallâhu rabbul-‘âlamîn”

Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia berkuasa atas ʻArasy. Dia menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang tunduk pada perintah-Nya. Ingatlah! Hanya milik-Nyalah segala penciptaan dan urusan. Maha berlimpah anugerah Allah, Tuhan semesta alam.”