Ini 5 Pembalap Calon Juara MotoGP Prancis 2024

BERIKUT lima pembalap calon juara MotoGP Prancis 2024. Marc Marquez menjadi kandidat terdepan untuk naik podium teratas di Sirkuit Bugatti, Le Mans.

Seri kelima MotoGP 2024 itu akan dihelat 10-12 Mei. Ini menjadi kesempatan emas bagi The Baby Alien untuk kembali merasakan manisnya sampanye kemenangan.

 

MotoGP Prancis

Lalu, siapa saja selain Marquez yang berpeluang menjadi juara? Simak ulasan berikut ini.

5 Pembalap Calon Juara MotoGP Prancis 2024

5. Jorge Martin

Jorge Martin

Posisi Martinator di papan klasemen MotoGP 2024 tengah terancam gara-gara kemenangan Francesco Bagnaia pada seri sebelumnya. Hal ini membuat pembalap tim Pramac Ducati itu wajib meraih hasil positif.

Keinginan kuat untuk meraih kemenangan bisa menjadi pendorong bagi Martin pada seri kali ini. Ditambah dengan motor Ducati Desmosedici GP24 yang mumpuni, kans itu cukup besar.

4. Francesco Bagnaia

Marc Marquez, Francesco Bagnaia, dan Marco Bezzecchi berdiri di podium usai MotoGP Spanyol 2024 (Foto: Reuters/Jon Nazca)

Sang juara dunia bertahan juga berpeluang besar meraih kemenangan akhir pekan ini. Bagnaia sudah menunjukkan kapasitasnya pada seri sebelumnya di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Jerez de la Frontera, Spanyol.

Akan tetapi, pria asal Italia itu tak punya rekor bagus di Le Mans, yakni belum pernah menang di kelas premier sejak promosi pada 2019. Ini akan jadi penghambat sekaligus penambah motivasi bagi Bagnaia.

3. Maverick Vinales

Maverick Vinales

Kemenangan di MotoGP Amerika Serikat 2024 menunjukkan sang pembalap dan motor Aprilia Racing tak boleh diremehkan. Vinales bahkan pernah menang di sini pada 2017.

Alhasil, pembalap asal Spanyol itu layak dijagokan untuk memenangi balapan di sini. Sayangnya, inkonsistensi performa bisa jadi penghambat terbesar.

2. Enea Bastianini

Enea Bastianini

Jangan pernah lupakan pembalap satu ini. Bastianini punya kenangan manis ketika memenangi MotoGP Prancis 2022 bersama Gresini Racing.

Belum pastinya masa depan La Bestia di tim Ducati Lenovo akan menjadi dorongan bagi sang pembalap. Pengalaman pernah menang di Le Mans membuat Bastianini layak untuk dijagokan.

1. Marc Marquez

Marc Marquez berduel dengan Francesco Bagnaia di MotoGP Spanyol 2024 (Foto: Twitter/@MotoGP)

Finis kedua di GP Spanyol membuat Marquez diprediksi bakal menggila kali ini. Apalagi, pria berusia 31 tahun itu adalah pengoleksi kemenangan terbanyak di Le Mans di antara koleganya di grid.

Marquez tercatat tiga kali menang di Le Mans sejak 2013. Musim lalu, ia sempat mencuri perhatian dengan berada di baris depan memakai motor Honda RC213V sebelum akhirnya terjatuh!

Bukan tidak mungkin kali ini Marquez akan keluar sebagai pemenang. Ia sangat berhasrat menyudahi puasa kemenangan yang terakhir kali diraih pada Oktober 2021 di Misano.

(Sumber)